Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia

Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia
Anak Muda Jaga Bumi

Konten GaptekMenjaga bumi merupakan bagian tugas dari setiap manusia, karena bumi merupakan tempat tinggal yang harus dijaga kelestariannya. Dalam hal ini, peranan anak muda sangat besar dan berpengaruh dalam menjaga kelestarian bumi kedepan, sebab anak muda ini lah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa dan menentukan bagaimana nasib bumi kedepannya.

Kesadaran masing-masing individu untuk menjaga bumi harus semakin ditingkatkan, terlebih di saat ini cuaca yang sedang kurang baik lantaran kemarau yang berkepanjangan. Ketika masalah kekeringan dan krisis air bersih melanda, akhirnya banyak masyarakat yang baru mulai menyadari betapa pentingnya kita menjaga bumi agar tetap sehat untuk dihuni.

Upaya yang bisa dilakukan seperti dengan menjaga keanekaragaman hayati & ekosistem makhluk hidup dan lingkungan. Misalnya melindungi satwa liar, hutan hujan, terumbu karang, restorasi, konservasi itu semua penting diperhatikan agar bumi tetap terjaga kesehatannya. Tanggung jawab kita sebagai manusia yang menempati bumi sebagai tempat tinggal, merupakan aspek penting dari menjaga bumi kita tercinta.

Indonesia sendiri memiliki populasi penduduk yang sangat besar dan tersebar luas, namun sayangnya masih banyak aktivitas manusia yang dapat merusak bumi akibat sifat tamak dan boros, yang mana aktivitas tersebut telah menyebabkan pemanasan global seperti yang terjadi saat ini, polusi, perubahan iklim, dan masalah-masalah lainnya.

Dibutuhkan hubungan yang baik antara manusia dengan lingkungan, sebab keduanya ini tidak dapat dipisahkan. Dimana manusia memanfaatkan alam untuk bertahan hidup dengan mencari makan dan tempat berlindung, oleh karenanya penting bagi kita untuk memastikan aktivitas dan pola hidup kita tidak merusak lingkungan. Ini semua tentunya agar kita tetap dapat tinggal dengan nyaman dan aman. Makanya yuk jaga kelestarian lingkungan hidup.

Memang pada dasarnya menjaga lingkungan agar tetap asri dan terawat merupakan tugas semua manusia, jika tidak dijadikan kebiasaan, kerusakan lingkungan akan terjadi di kemudian hari. Maka dari itu disini generasi muda punya pengaruh besar dalam kelestarian lingkungan. Kelompok anak muda inilah yang akan mewarisi planet bumi di masa depan, jadi tugas orang tua selalu rangkul anak-anak kita dalam menjaga lingkungan dan bumi.

Kontribusi dari generasi muda sangat diperlukan secara aktif dalam mewarisikan kondisi bumi yang lebih baik kepada generasi berikutnya. Kebetulan aku baru saja mendapatkan insight terkait hal ini, dimana kemarin pada Jumat, 20 Oktober 2023 aku baru saja mengikuti online gathering bersama Eco Blogger Squad yang membahas tema “Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia”.

Dalam sesi gathering ini menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten diantaranya:

  • -      Mba Amalya Reza selaku Manajer Bioenergi atTrend Asia.
  • -      Mba Jaqualine Wijaya selaku CEO and Co-Founder at Food Sustainesia.
  • -      Mba Cerli Febri Ramadani selaku Ketua Sentra Kreatif Lestari Siak (SKELAS).

Berikut beberapa hasil pembicaraan narasumber yang aku dapatkan, langsung aja yuk kita bahas.

Bagaimana Peran Generasi Muda Menjaga Bumi

Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia
Semangat Orang Muda Menjaga Bumi Indonesia

Generasi muda ini umumnya pemikirannya lebih terbuka, kreatif, dan inovatif. Mereka bisa memanfaaatkan teknologi hijau, mengeksplorasi energi terbarukan, serta membuat metode baru dalam pengelolaan limbah. Jumlah anak muda yang tidak sedikit, apabila semuanya saling bersinergi dan gotong royong untuk menjaga bumi, pasti akan terjadi perubahan yang luar biasa terhadap bumi yang kita jadikan tempat tinggal ini.

Pemuda bisa berpartisipasi dalam mengurangi kerusakan dengan menekan emisi gas rumah kaca, mengurangi konsumsi berlebihan dan eksploitasi sumber daya alam, mengurangi sampah dengan cara mendaur ulang, melakukan penanaman pohon dengan masif, dan mendukung transisi energi bersih.

Aksi dari para pemuda Indonesia ini tentunya akan berpotensi melindungi keragaman hayati dan hewani yang berada di lingkungan sekitar mereka dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah dalam hal ini ada Mba Amalya yang kemarin membahas soal penggunaan bioenergi sebagai transisi energi dari fosil ke energi terbarukan.

Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia
transisi energi dari fosil ke energi terbarukan.

Transisi energi ini sangat diperlukan untuk menjaga ketersediaan energi di masa mendatang. Sebenarnya sampai saat ini kondisi sumber energi dalam negeri masih bisa dikatakan melimpah, khususnya di sektor batu bara dan gas bumi. Namun adanya perubahan konsumsi tanpa eksplorasi, menjadikan Indonesia semakin dekat dengan krisis energi.

Saat ini Indonesia memiliki kapasitas sumber daya energi yang besar berasal dari batu bara dan gas bumi. Akan tetapi tetap diperlukan untuk memaksimalkan penerapan energi terbarukan, yang tak hanya menggantikan sumber energi fosil, lebih dari itu juga sebagai langkah dalam upaya penurunan emisi karbon. Pemanfaatan bioenergi menjadi salah satu program andalan utama pemerintah untuk mengejar dan merealisasikan transisi energi di berbagai sektor.

Nah salah satu aktor penting pengembangan bioenergi tersebut ya jelas anak muda, yang dapat berperan sebagai agen perubahan yang aktif, adaptif, kompetitif, kreatif, dan juga menguasasi teknologi digitalisasi. Potensi bioenergi yang begitu melimpah membuka peluang lebih luas bagi generasi muda untuk berkontribusi langsung dalam upaya pengembangan bioenergi dan energi bersih.

Jika energi fosil sudah tak lagi tersedia, bagaimana nasib keberlanjutan energi di bumi?

Memang saat ini kita merasa kalau menggunakan energi fosil masih sah saja. Buat apa kita mengganti ke energi terbarukan, buktinya sampai sekarang manusia masih hidup aman-aman saja kan. Tapi apakah kita pernah memikirkan kalau energi fosil yang menjadi bahan bakar semua teknologi yang kita gunakan untuk mempermudah hidup dilarang penggunaannya lantaran dapat memperparah iklim bumi?

Maka dari itu bioenergi sebagai transisi energi dari fosil ke energi terbarukan diperlukan, adapun bioenergi sendiri bisa didapatkan dari sumber biologis, seperti halnya biomassa yang merupakan bahan organik yang menyimpan energi cahaya matahari dalam bentuk kimia. Biomassa sebagai bahan bakar umumnya seperti kayu, limbah industri jerami, dan hasil pertanian apapun yang dapat diolah menjadi bahan bakar.

Namun sayangnya penggunaan kayu sebagai PLTU CO-FIRING biomassa perlu diteliti lebih dalam lagi, pasalnya dampak dari hal tersebut bisa mengancam bumi, opsi yang bisa digunakan mungkin seperti energi terbarukan lainnya yakni angin, air, ombak laut, surya, dsb.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Mba Jaqualine yang membahas soal sistem pangan berkelanjutan di Indonesia. Pangan berkelanjutan ini juga bisa menjaga kelestarian lingkungan bumi lohh.

Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia
sistem pangan berkelanjutan di Indonesia

Misalnya dengan memakan secukupnya saat dirumah, dan juga perlunya kita mengetahui asal-muasal sajian pangan yang kita konsumsi sehari-hari dan jangan sampai menyisakannya hingga terbuang sia-sia. Hal ini selaras dengan sistem pangan berkelanjutan, yakni melihat sumber pangan, kandungan gizi, serta limbah makanan. Mba Jaqualine juga bilang kalau produksi pangan lokal jauh lebih dianjurkan, ketimbang bahan makanan impor. Kita juga bisa dengan menanam sayur sendiri di halaman rumah, yang mana kandungan gizi dan nutrisinya lebih jelas.

Satu hal lagi ialah, dalam sistem pangan berkelanjutan di Indonesia terkait sampah/sisa-sisa makanan. Selalu usahakan untuk menghabiskan makanan yang kita konsumsi tanpa meninggalkan sisa entah itu makanannya maupun kemasannya. Upaya itu yang harus kita lakukan untuk mendukung sistem pangan berkelanjutan.

Sistem pangan menjadi ancaman terbesar terhadap alam saat ini, yang mana sistem ini menggunakan sebagian besar sumber daya alam yaitu 69% air dan 34% daratan yang kita miliki. Permasalahannya ialah manusia membutuhkan makanan, namun cara kita memproduksi dan mengonsumsi pangan telah membebani bumi melebihi kapasitasnya.

Terakhir ada Mba Cerli yang membahas tentang komunitas yang ia bangun yakni SKELAS (Sentra Kreatif Lestari Siak) yang bisa menjadi wadah khususnya bagi pemuda Indonesia untuk mengembangkan produk lokal sehingga mewujudkan kelestarian alam, budaya, dan menjaga bumi tercinta.

SKELAS merupakan sentra kreatif yang digerakkan oleh orang muda melalui kerjasama multipihak untuk mengembangkan inovasi produk lokal sehingga mewujudkan kelestarian alam dan budaya serta kesejahteraan bersama. Fungsi dari SKELAS sendiri yaitu sebagai promosi dan komunikasi membangun narasi pusaka lestari, melakukan inkubasi, akselerasi, agregator, dan menjadi pusat data dan informasi.

Anak Muda Punya Peranan Penting Dalam Menjaga Bumi Indonesia
SKELAS (Sentra Kreatif Lestari Siak)

Tak hanya itu, SKELAS juga memberikan wadah bagi pemuda untuk mengembangkan dan memanfaatkan potensi mereka secara kreatif, dan mendukung visi Siak hijau dengan mengutamakan keberlanjutan dan pelestarian lingkungan.

Pokoknya SKELAS ini telah membuktikan bahwa kaum muda pun bisa berkarya untuk meningkatkan nilai dari sisi ekonomi, sosial, hingga lingkungan yang berkelanjutan dan memaksimalkan potensi yang ada untuk menjaga lingkungan bumi.

Yuk generasi muda jangan sampai kita merasa acuh terhadap kondisi bumi, lakukan dari tindakan kecil yang dapat menjaga kelestarian bumi tercinta ini seperti: tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan banjir, tidak membakar sampah karena dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon, menghemat energi seperti mematikan lampu di siang hari saat sedang tidak digunakan, biasakan berjalan kaki atau bersepeda jika pergi ke tempat yang relatif dekat agar emisi kendaraan tidak mencemari udara, menanam pohon sebagai area resapan air untuk mencegah terjadinya banjir jika terjadi hujan deras, dan yang terakhir dengan mengurangi sampah dari aktivitas sehari-hari khususnya sampah plastik.

Semoga generasi muda dan semua kalangan semakin sadar untuk mulai menjaga bumi dari sekarang. Sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.!!! #EcoBloggerSquad

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment