Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Konten GaptekTiada hentinya perkembangan teknologi yang terus mengalami kemajuan pesat, salah satunya pada perangkat elektronik yakni laptop. Kini brand yang sudah cukup terkemuka di Indonesia, kembali mengeluarkan inovasi terbarunya dengan meluncurkan sebuah laptop yang merupakan laptop dual-screen OLED terbaik didunia untuk memaksimalkan produktivitas pengguna melalui teknologi dua layar serta AI, Laptop tersebut namanya ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Beruntungnya aku bisa datang dan menyaksikan langsung kegaharan laptop terbaru dari ASUS tersebut. Yapz, acara peluncuran saat itu digelar di Raffles Hotel, Jakarta (07/03/2024). Kemeriahan acara sangat luar biasa, dimana saat itu aku memasuki ballroom hotel, sudah ramai dipadati oleh tamu yang datang untuk menjadi saksi langsung peluncuran laptop keren ini.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Sebelum acara dimulai, semua tamu yang datang melakukan registrasi di area registrasi dengan menscan barcode dan mengisi google form, yang mana nantinya daftar nama hadir dari registrasi tersebut akan diundi pada sesi doorprize. Langsung aja aku deg-degan, berharap bisa membawa pulang 1 unit laptop ASUS Series hahaha.

Setelah melakukan registrasi, barulah aku dan tamu yang lainnya menyantap hidangan makanan siang yang telah disiapkan. Banyak sekali santapan lezat mulai dari nasi, buah-buahan, dessert, hingga minuman. Setelah perut terisi selanjutnya aku melakukan sholat zuhur berjamaah di area lobby hotel, sembari menunggu acara peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406) akan dimulai.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Technology AI di Zenbook DUO Launch Event

Tak lama akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu telah tiba, area ballromm pun dibuka dan seluruh tamu undangan diperkenankan masuk ke dalam. Tak sabar rasanya melihat keseruan peluncuran laptop canggih ini. Begitu masuk ke dalam, aku langsung tercengang melihat panggung yang begitu megah dan terpampang jelas tulisan ASUS Zenbook DUO.

Setelah semua tamu undangan memasuki area ballroom, acara langsung dimulai dengan pemandunya yakni mba Donna Agnesia. Kemudian acara dilanjut dengan sambutan-sambutan dari para pihak ASUS, dan juga ada kemeriahan lainnya seperti drama musical, Zenbook DUO Stars yakni Wulan Guritno & Wingky Wiryawan. Keduanya tampil sangat memukau diatas panggung sambil membawa laptop ASUS Zenbook DUO.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO Launch Event

Selanjutnya acara semakin seru dengan adanya sesi games bersama Wulan Guritno serta Wingky Wiryawan, mereka disuruh untuk mencari orang dan akan menjadi tim mereka untuk menjawab sepuluh pertanyaan seputar ASUS Zenbook DUO. Jika berhasil menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan nominal total 10 juta rupiah. Dan pada akhirnya kedua tim, masing-masing mendapatkan score yang imbang yakni 5 juta.

Tak sampai disitu saja, keseruan masih berlanjut dengan sesi doorprize. Inilah yang paling diharapkan oleh para tamu, bisa membawa pulang salah satu unit Laptop ASUS. Sebenarnya hadiah doorprizenya tak hanya laptop, tetapi ada juga voucher belanja, dan emas murni. Wahh namun apa boleh buat, rezeki belum berpihak kepadaku saat itu. Aku tidak mendapatkan doorprize, tapi tak mengapa, setidaknya aku bisa hadir langsung dan menyaksikan betapa seru dan mewahnya peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406).

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Frank Wang - Consumer BDM of ASUS

Kemudian hadir juga Bapak Frank Wang – Consumer BDM of ASUS Indonesia yang akan memaparkan sedikit terkait produk ASUS yang akan diluncurkan beserta memberikan pengumuman harga masing-masing produk. Adapun untuk ASUS Zenbook DUO (UX8406), harga nya dibandrol sebesar Rp. 33.999.000. Tentunya harga tersebut sebanding dengan kualitas dan spesifikasi yang ditawarkan.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Harga ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Sementara itu untuk produk lainnya yang turut diluncurkan seperti: ASUS Zenbook 13 OLED (U5304MA-OLEDS711/712 Rp. 25.999.000, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405MA-OLEDS714T) Rp. 21.999.000, dan ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405MA-OLEDS511/512) Rp. 17.299.000

Melihat dan Mencoba Langsung ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Selanjutnya setelah peluncuran selesai dan pengumuman harga juga telah dibeberkan ke public, kami para tamu undangan diarahkan menuju booth ASUS untuk melihat langsung fisik laptop ASUS yang diluncurkan, salah satunya yakni ASUS Zenbook DUO (UX8406). Begitu memasuki ke ruangan yang sangat futuristik dan memanjakan mata, aku langsung melihat penampakan dari laptop canggih tersebut.

Kesan pertama saya melihatnya memang bikin ngiler yaa, maklum baru pertama kali melihat laptop dengan dua layar hahaha. Tapi memang benar kok, sesuai dengan julukannya yakni laptop dengan dua layar terbaik di dunia, ASUS Zenbook DUO (UX8406) memang pantas mendapatkan gelar tersebut.

Sebenarnya memang ASUS Zenbook DUO ini menjadi Laptop Revolusioner: yang mana telah berangkat dari Project Precog di tahun 2018, sehingga konsep laptop dengan layar ganda telah lama dikembangkan oleh ASUS dan Zenbook DUO ini tampil sebagai wujud sempurna dari semua laptop layar ganda.

Yaudah mari kita kupas lebih dalam yuk spesifikasi nya seperti apa? berikut spesifikasi lengkap ASUS Zenbook DUO (UX8406):

1.   Dual-Screen OLED Terbaik di Dunia

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO (ux8406)

ASUS Zenbook DUO (UX8406) mendapatkan predikat sebagai laptop dengan dua layar terbaik di dunia, hal ini juga yang disampaikan oleh Bapak Jimmy Lin selaku ASUS Southeast Asia Regional Director.

“Laptop terbaik tahun 2024 telah tiba di Indonesia. ASUS Zenbook DUO yang dibekali dua layar OLED, ditenagai AI, dan dilengkapi fitur eksklusif akan merevolusi bagaimana kita berinteraksi dengan laptop dan memaksimalkan produktivitas sehari-hari”.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Jimmy Lin - ASUS Southest Asia Regional Director

ASUS Zenbook DUO (UX8406) dibekali dengan dua layar 14-inci beresolusi 3K 120Hz serta telah dilengkap dengan teknologi ASUS Lumina OLED yang dapat menghasilkan visual terbaik. Adapun ketika dibentangkan, ukuran layarnya setara dengan 19,8-inci sehingga penggunanya memiliki ruang kerja yang lebih luas dibandingkan dengan laptop standar yang berarti produktivitas dapat didongkrak hingga dua kali lipat.

Laptop ini cocok banget nih buat kamu yang memang membutuhkan layar yang besar dan ganda tanpa harus membawa 2 laptop sekaligus atau membawa layar tambahan. ASUS Zenbook DUO (UX8406) menjadi jawaban bagi kebutuhan konsumen dengan masalah tersebut.


2. Memiliki Desain yang Fleksibel

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Selain memiliki keunggulannya dua layar, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga didesain sangat fleksibel, mudah, dan nyaman digunakan. Mulai dari port dan konektivitas yang sangat lengkap untuk memudahkan kebutuhan produktivitas pengguna, lima mode penggunaan yang fleksibel, hingga desainnya yang tetap tipis dan ringan telah membuat Zenbook DUO (UX8406) tampil sebagai laptop dua layar paling praktis dan terbaik di dunia. 

Pengguna bisa memakai laptop ini dalam berbagai mode diantaranya: dual screen mode with virtual keyboard, dual screen mode with Bluetooth keyboard, sharing mode, laptop mode, dan desktop mode. Jadi tinggal menyesuaikan aja kamu maunya pake mode yang mana, mantep banget kan? Jadi dijamin gabakal bosen kalo pake laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini.

Uniknya juga Laptop terbaik ini dilengkapi dengan keyboard Bluetooth ASUS ErgoSense dengan touchpad terintegrasi, engsel layar yang dapat dibuka hingga 180°. Keyboard pada laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini bisa dilepas serta terdapat penyangga khusus sehingga semakin mempermudah untuk digunakan. Desainnya yang ringkas dengan berat bobot hanya 1,35kg dan ketebalan hanya 14,6mm membuat laptop ini bisa dengan mudah dibawa kemanapun dan kapanpun.

Kemudian juga keyboard tersebut sangat mudah untuk digunakan karena pengisian dayanya dapat dilakukan secara otomatis saat ASUS Zenbook DUO (UX8406) digunakan pada Laptop Mode, yaitu ketika keyboard dipasangkan secara langsung ke bodi laptop. Tidak hanya itu, keyboardnya pun juga dirancang untuk digunakan seharian berkat sistem cerdas yang memungkinkan laptop untuk menggunakan koneksi langsung ke laptop saat digunakan di Laptop Mode, serta beralih menggunakan koneksi Bluetooth secara otomatis saat dilepas dari bodinya.

Kedua layar ASUS Zenbook DUO (UX8406) mengusung teknologi ASUS Lumina OLED yang telah tersertifikasi Dolby Vision®, Pantone® Validated, dan memiliki color gamut 100% DCI-P3 untuk memastikan reproduksi warna terbaik dan akurat. Layar tersebut juga telah mengantongi sertifikasi VESA DisplayHDR™ True Black 500 dan mendukung teknologi touchscreen sehingga dapat digunakan bersama dengan stylus ASUS Pen 2.0 yang dapat memberikan input secara presisi.

3. Bertenaga, Gesit, dan Hemat Daya

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Tak hanya dari segi tampilan saja, laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) pun sangat cocok untuk kebutuhan multitasking penggunanya dengan memberikan performa yang terbaik. Tampil sebagai laptop Intel® Evo™ Edition, Zenbook DUO (UX8406) menggabungkan kemampuan multitasking yang handal bagi penggunanya. Terlebih juga pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406) bisa memanfaatkan melalui bantuan AI untuk semakin produktif. ASUS Zenbook DUO (UX8406) merupakan laptop AI yang telah dibekali dengan NPU (Neural Processing Unit) yang terintegrasi dengan prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H. NPU bernama Intel® AI Boost tersebut lah yang membuat laptop ini tampil lebih gesit, lebih hemat daya, dan lebih pintar dalam memproses aplikasi berbasis AI.

Selain itu, prosesor Intel® Core™ Ultra 7 155H juga dibekali chip grafis Intel® Arc™ yang mampu menghadirkan performa hingga dua kali lipat dibandingkan dengan chip grafis terintegrasi di prosesor Intel® generasi sebelumnya. Chip grafis Intel® Arc™ juga sudah didukung berbagai teknologi grafis modern seperti real-time ray tracing, Xᵉ Super Sampling, hingga DX 12 Ultimate dan Advanced Media Engine. Di ASUS Zenbook DUO (UX8406), Intel® Arc™ tidak hanya dapat mengakselerasi pemrosesan grafis, tetapi juga video encoding yang tentunya sangat penting untuk para konten kreator.


Jadi buat kamu tak perlu khawatir, karna dengan menggunakan laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406) justru akan mempermudah aktivitasmu dengan laptop canggih ini. Baterainya pun awet 75WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion yang bisa bertahan selama 13 jam.

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Berbagai Mode ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Seperti yang sudah saya sebutkan diawal, bahwa laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406), bisa digunakan dalam berbagai mode. Fitur ScreenXpert yang telah disempurnakan juga hadir untuk memberikan pengalaman yang lebih intuitif ketika pengguna Zenbook DUO (UX8406) menggunakan laptop ini di semua mode penggunaannya.

  • -      Dual-Screen Mode with Bluetooth Keyboard: mode penggunaan yang paling membedakan ASUS Zenbook DUO (UX8406) dengan laptop lainnya. Mode ini memanfaatkan keberadaan layar kedua di ASUS Zenbook DUO (UX8406) secara penuh, yaitu dengan memposisikan laptop secara lebih tinggi menggunakan penyangga terintegrasi sehingga kedua layarnya dapat dilihat secara lebih nyaman. Penggunanya kemudian mengontrol ASUS Zenbook DUO (UX8406) menggunakan keyboard fisiknya secara nirkabel melalui koneksi Bluetooth.
  • -      Dual-Screen Mode with Virtual Keyboard: ASUS menghadirkan solusi bagi pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406) yang tidak ingin menggunakan keyboard fisiknya. Melalui ScreenXpert, pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406) dapat menghadirkan keyboard virtual dalam layout penggunaan yang berbeda-beda lengkap dengan touchpad virtual.
  • -      Sharing Mode: Mode paling unik di ASUS Zenbook DUO (UX8406) ini memungkinkan pengguna untuk berbagi layar dengan orang lain secara lebih mudah. Pengguna hanya tinggal membuka layar laptop ini hingga 180° dan aktifkan mode ini. Nantinya kedua layarnya akan saling bertolak belakang sehingga memudahkan dua orang untuk berinteraksi secara langsung ketika menggunakan ASUS Zenbook DUO (UX8406).
  • -      Laptop Mode: Laptop mode membuat pengguna ASUS Zenbook DUO (UX8406) tampil layaknya laptop pada umumnya dengan satu layar aktif dan keyboard yang ditempatkan di atas layar keduanya. Mode penggunaan ini sangat cocok ketika ASUS Zenbook DUO (UX8406) digunakan di ruang terbatas seperti di dalam pesawat, dalam kereta, mobil, dll.
  • -      Desktop Mode: Terakhir ada Dekstop Mode, mode ini didesain untuk pengguna yang suka dengan layar vertikal, Desktop Mode di ASUS Zenbook DUO (UX8406) menawarkan dua layar vertikal yang diposisikan secara berdampingan. Mode ini sangat cocok untuk seknario penggunaan seperti menulis artikel, browsing, dan coding. Cocok untuk kamu yang menggeluti dengan konten, seperti blogger.

Kira-kira seperti itulah keunggulan dan kelebihan dari laptop ASUS Zenbook DUO (UX8406), untuk spesifikasi detailnya bisa lihat gambar dibawah ini:

Keseruan Mengikuti Peluncuran ASUS Zenbook DUO (UX8406)
Spesifikasi ASUS Zenbook DUO (UX8406)

Nah, begitulah keseruanku mengikuti launching ASUS Zenbook DUO (UX8406), setelah melihat langsung aku sangat tertarik untuk bisa memiliki laptop canggih ini, kalau kamu gimana? Yuk nabung biar bisa kebeli hehehe.

Buat kamu yang ingin mencari atau membeli laptop ASUS Zenbook (UX8406) bisa melalui ASUS Online Store dan juga di e-commerce yang bekerjasama dengan ASUS seperti blibli.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment