Diskusi Ecotalk: Amankah Jakarta Dari Tsunami?

Diskusi Ecotalk: Amankah Jakarta Dari Tsunami?

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Diskusi Ecotalk: Amankah Jakarta Dari Tsunami?

Konten Gaptek – 28 Februari 2019, aku telah menghadiri diskusi Ecotalk yang diadakan Tempo Media Group dengan tema “Amankah Jakarta Dari Tsunami?” . Untuk mengetahui jawabannya turut hadir pula dalam acara tersebut beberapa narasumber yang siap menjelaskan pemaparannya diantara mereka:
  1. Bapak Berton Panjaitan selaku Kepala Subdit Pencegahan BNPB
  2. Bapak Rahmat Triyono selaku Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG
  3. Bapak Suprayoga Hadi selaku Perencana Ahli Utama, Kedeputian Pengembangan Regional BAPPENAS
  4. Bapak Eko Yulianto selaku Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI


Dari ke-4 narasumber diatas setidaknya ada beberapa informasi yang dapat saya ambil, mari baca sampai tuntas tulisan ini.

Indonesia beberapa tahun ini sering kali dilanda oleh bencana alam, terutama bencana gempa bumi dan tsunami. Kemarin belum saja usai kepedihan bencana tsunami Lombok dan donggala lalu sudah dilanjut lagi dengan selat sunda yang baru saja terjadi dilanda bencana tsunami tepatnya di daerah Banten dan Lampung. Banyak sekali korban yang terkena dampak tsunami, tak turut pula harta dan tempat tinggal masyrakat hilang dihempas oleh gelombang tsunami.

Diskusi Ecotalk: Amankah Jakarta Dari Tsunami?
Image Source : liputan6.com

Apalagi Negara kita Indonesia letaknya tepat sekali berlokasi di kawasan ring of fire, inilah yang menyebabkan sering terjadinya bencana alam yang bermacam-macam di Indonesia yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja? Jadi lantas apakah Kota Jakarta juga terdapat potensi bencana terutama tsunami? bencana alam tsunami bisa terjadi karena terdapat adanya gempa bumi yang terjadi di dasar laut, sangat jarang jika terdapat tsunami yang terjadi tanpa diawali dengan gempa di dasar laut, walaupun sebenarnya ada. Itupun tsunami terjadi jika kekuatan gempa mencapai skala diatas 6,5 skala richter dan berguncang selama lebih dari 40 detik.

Kalo kita lihat di Jakarta juga terdapat laut, contohnya di pantai Ancol Jakarta Utara yang menjadi salah satu tempat rekreasi favorit Jakarta. Namun yang menjadi masalahnya apakah lautan Ancol ada potensi tsunami, untuk itu harus ada prediksi dari berbagai lembaga terutama BMKG. Tsunami menjadi bencana alam yang begitu mengerikan dimana gelombang air tinggi bisa menghantam seluruh yang dilewatinya, gedung-gedung pun bisa hancur dalam sesaat jika terjadi tsunami. Seperti yang terjadi di Aceh pada 2004 silam, seluruh bangunan hancur lebur kecuali satu masjid yang tetap berdiri.
“Masyarakat kita seolah lupa, padahal pernah mengalami suatu yang traumatik. Pengalaman kita di Aceh, warga tetap saja kembali ke pantai padahal bencana tsunami bisa saja terjadi sewaktu-waktu terjadi lagi.” Tutur dari Bapak Berton Panjaitan
Seiring berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, Untuk menghindari dan meminimalisir dari terjadinya bencana alam tsunami kini sudah ada alat-alat canggih yang mampu membaca pergerakan lempeng bumi. Namun hingga saat ini alat-alat yang sudah ada belum digunakan secara benar dan maksimal, jadi bencana alam tsunami tetap tak bisa dihindari.

Meskipun demikian bukan berarti teknologi tersebut dapat mencegah terjadinya tsunami, kita hanya bisa memberikan peringatan dini jika akan terjadi tsunami setelah gempa, namun tidak untuk mencegah terjadinya tsunami. Sebab tsunami tidak bisa diprediksi secara pasti kapan terjadinya.

Yang bisa kita lakukan adalah melakukan persiapan jika suwaktu-waktu bencana tsunami melanda. Yuk kita ketahui persiapan apa saja itu?

Persiapan Menghadapi Bencana Tsunami


Untuk menghadapi persiapan bencana tsunami menurut Bapak Suprayoga Hadi salah satunya adalah dengan melakukan perencanaan wilayah dan tata ruang yang baik. Jadi maksudnya adalah pengelolaan tata ruang yang ada di kota khususnya Jakarta harus diaplikasikan dengan benar, seperti dengan menaruh berbagai alat pendeteksi dan peringatan dini adanya tsunami atau membangun tembok/dinding anti tsunami yang kokoh di tempat yang berpotensi tsunami.
“kesiapsiagaan terhadap bencana adalah suatu kewajiban, bagaimana kita bisa mengurangi resikonya, itu semua bisa direncanakan. Jika pertanyaannya amankah Jakarta dari bencana tsunami? itu semua tergantung dengan perencanaan tata kota, jika baik maka bisa aman.” Tutur dari Bapak Suprayoga Hadi.
BNPB sudah mencanangkan bahwa pada setiap tanggal 26 april akan ada pelatihan kesiapsiagaan dalam rangka hari peringatan kesiapsiagaan. Jadi masyarakat akan diberikan pelatihan dan berkumpul ke assembly point pada jam 10 pagi seakan-akan sedang terjadi bencana.

Kurangnya kesadaran akan kesiapsiagaan masyarakat Indonesia masih tinggi. Bahkan jika dinilai dalam skala 1-10 kesiapsiagaan masyarakat Indonesia terhadap tsunami masih berada di angka 6.

Berikut Beberapa Tips yang Berkaitan dengan Tsunami:

1. Jangan Panik


Pasti kamu pernah mendengar isu-isu tentang Jakarta akan tenggelam dan sebagainya. Itu semua belum tentu benar, bisa saja informasi itu hanyalah sumber dari orang yang tidak bisa dipercaya. Kecuali memang yang menginformasikan adalah BMKG. Lanjut lagi sering terjadi isu akan ada gempa susulan jika baru saja terjadi gempa, menurut BMKG itu hanyalah isu dari maling yang ingin menjarah dan mengambil harta rumah yang ditinggalkan warga. Jika bencana tsunami terjadi juga sebaiknya jangan langsung panik, ikuti arah jalur evakuasi tsunami atau pergilah ke tempat yang lebih tinggi.

2. Belajar dari Pengalaman


Beberapa wilayah yang suka terjadi tsunami sebaiknya jangan kembali dihuni, pindah dan carilah ke tempat yang lebih aman dan jauh akan potensi bahaya tsunami. Jika masyarakat masih saja tetap bermukim di kawasan bekas bencana tsunami terjadi itu sama saja menghadiahkan bencana anak cucu dan generasi penerus bangsa Indonesia kelak.

3. Kenali Tanda-Tanda Tsunami


Sebelum tsunami terjadi biasanya akan ada tanda-tandanya, untuk itu perlu Kamu ketahui beberapa tanda tsunami akan terjadi diantaranya adalah suara gemuruh yang berasal dari dalam laut, awan langit menjadi gelap gulita, gelombang dan air laut yang tidak seperti biasa.

Edukasi dan pembelajaran tentang tsunami begitu penting agar masyarakat bisa tetap waspada dan bersiap siaga kapan saja jika ditemukan terdapat tanda-tanda akan terjadinya tsunami. Kamu juga bisa mengetahui info peringatan dini tsunami melalui aplikasi WRS-BMKG, silahkan Kamu cari di playstore dan install di smartphonemu.

4. Pelatihan Jika Tsunami Terjadi


Pelatihan bisa berupa lari-lari kecil jika sewaktu-waktu tsunami terjadi, sehingga masyarakat sudah kuat berlari untuk menghindar dan beralih ke tempat yang lebih tinggi dan sekiranya bisa menyelamatkan diri dari tsunami.

Diskusi Ecotalk: Amankah Jakarta Dari Tsunami?

Pada intinya semua orang harus selalu waspada dan siap siaga, jika kita siap maka kita masih ada kemungkinan aman dan terselamatkan dari bencana tsunami
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment