Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru

Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru

Konten GaptekDalam jejak digitalnya, Microsoft masih menjadi perusahaan ternama di dunia dalam industri komputer. Perusahaan yang berasal dari Amerika inilah yang mengembangkan, membuat, dan memberikan lisensi aneka ragam produk dan jasa berkaitan dengan teknologi komputer. Silahkan Kamu lihat komputer/laptop yang Kamu punya, apakah menggunakan Operation System (OS) windows? Jika iya, nah Microsoft ini juga yang telah merancang OS Windows (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, dll) pada komputer yang kita gunakan sekarang.

Bukan hanya itu saja, Microsoft pun telah banyak menciptakan produk yang dipakai pada komputer, Salah satu produk dari microsoft yang paling banyak digunakan di komputer yaitu Software perkantoran yakni ‘Microsoft Office yang mulai dikenalkan sejak tahun 1990 silam. Yapz perangkat lunak tersebut memang dari dulu sampai sekarang masih menjadi primadona di laptop. Macam-macam produk dari software Microsoft office diantaranya ada word, excel, power point, publisher, dll.

Software Microsoft office sudah menjadi perangkat lunak wajib yang harus ada dalam komputer, karena aplikasi office yang sangat berguna dan membantu dalam produktivitas pekerjaan serta mengerjakan tugas. Coba kalau kita perhatikan, anak sekolah ngerjain tugas makalah pakai apa? Buat persentasi pakai apa? Mahasiswa bikin skripsi pakai apa? orang kantoran ingin meeting pakai apa? seorang akuntan ingin membuat laporan keuangan pake apa? semuanya membutuhkan produk dari software Microsoft office. Ini membuktikan bahwa office masih merajai dalam dunia komputer.

Apalagi sekarang perkembangan digitalisasi dan tren teknologi yang terus berkembang pesat semakin membuat brand laptop bersaing mengeluarkan produk andalannya. Sudah banyak sekarang produk laptop yang memiliki spesifikasi gahar menyaingi dengan produk komputer. Seperti yang kita ketahui sendiri bukan, bahwa sekarang lebih banyak orang menggunakan laptop ketimbang komputer. Sebab secara laptop lebih mudah dan simpel untuk dibawa kemana saja. Laptop sudah menjadi #ModernPC di zaman now yang lebih banyak dicari seseorang, tak ayal jika masing-masing brand laptop terus meningkatkan segi performa produknya.

Microsoft Blogger Gathering


Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Microsoft Blogger Gathering (Dok. Pribadi)
Ngomong-ngomong masalah Modern PC, aku jadi teringat acara Microsoft Blogger Gathering yang dilaksanakan minggu lalu (27/09/2019) di Kafe HiveWorks Jakarta. Saat itu aku bersama para blogger yang hadir menjadi saksi nyata dalam percobaan dan testimoni kecanggihan Modern PC yang di display saat acara gathering tersebut. Acara gathering ini berhasil dihelat karena hasil dari kerjasama antara Microsoft dengan PT Synnex Metrodata Indonesia yang bertujuan memperkenalkan produk Microsoft terbaru yakni Microsoft office 2019 dan Microsoft office 365.

Apa perbedaanya? Microsoft office 365 artinya ialah office yang harus melakukan berlangganan bagi penggunanya. 365 sendiri itu artinya jumlah hari dalam setahun, jadi bagi pengguna office 365 harus berlangganan dan melakukan pembayaran tiap tahunnya. Sedangkan untuk office 2019 cukup sekali beli saja tanpa harus belangganan, tetapi produk officenya tidak selengkap dengan office 365 yang berbayar rutin.

Selain itu office 365 memiliki keunggulan sendiri yakni terdapat penyimpanan tambahan berupa 1 TB penyimpanan cloud onedrive dengan keamanan tingkat lanjut. Office 365 juga dapat digunakan berbagai perangkat seperti: PC/Mac, tablet, dan ponsel (android, IOS, Windows). Jadi tinggal pilih deh sesuai selera, mau yang office 365 boleh, mau yang office 2019 juga boleh. Semua ada plus minusnya.

Beberapa narasumber yang hadir dalam acara Microsoft Blogger Gathering diantaranya:
  1. Indra Raharjo selaku Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia
  2. Hadi Gunawan Sugito selaku Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia
  3. Christianto Rasli selaku Product Marketing Synnex Metrodata

Jadi laptop sekarang sudah canggih-canggih dan menjadi Modern PC, dimana sekarang pun sudah ada windows terbaru yaitu windows 10 yang memiliki kinerja powerfull dan tampilan visual yang lebih menarik ketimbang dengan windows versi pendahulunya. Dalam pemaparan dari pak Indra bahwa Modern PC di era saat ini itu harus memiliki 2 aspek: Performance, dalam artian disini memiliki performa yang handal baik software maupun hardwarenya. Modern PC tidak lagi menggunakn HDD (HardDisk), tetapi kini sudah menggunakan SSD (Solid State Drive), yang mana SSD ini memiliki performa yang lebih unggul.

Terbukti setelah dilakukan uji coba antara SSD dengan HDD memiliki kinerja yang berbanding jauh, misalnya saja dalam proses booting, SSD lebih efisien waktu karena lebih cepat merespon booting dan langsung masuk ke menu tampilan desktop, berbeda dengan halnya HDD yang membutuhkan waktu agak lama saat proses booting-nya. Pengujian tersebut tak berenti di situ, diuji lagi dengan membuka salah satu produk dari office, misalnya membuka PPT tetap lebih cepat PC yang telah menggunakan SSD, begitupun dengan word, excel dll semuanya selalu lebih dominan unggul ke SSD. Nah sistem SSD ini sudah disematkan dalam Modern PC loh. jadi coba periksa komputer milikmu, masih pakai HDD atau SSD hayoo?  Kalo belum pake SSD, itu belum masuk kategori Modern PC dong hehehe.

Selanjutnya aspek yang kedua yaitu design, coba kalo kita perhatikan bentuk design pc/laptop zaman now yang sudah dibuat sedemikian rupa kerennya. Bentuknya yang slim/tipis semakin menambah semangat dan produktivitas pekerjaan seseorang dan betah berlama-lama di depan Modern PC seperti sekarang ini.

Keunggulan dari Modern PC selanjutnya adalah pada sisi baterai nya, dimana laptop yang telah menyandang gelar Modern PC memiliki daya tahan baterai yang lebih awet dan tahan lama. ini lah yang sangat dibutuhkan para user, sebab tak bisa dipungkiri bahwa jika Kamu membawa laptop ke suatu tempat, maka yang dicari apa? colokan? Benar sekali, tapi kalau Kamu menggunakan Modern PC enggak perlu lagi deh bingung nyari colokan dimana-mana, Kamu tetap bisa menjalankan produktivitas berlama-lama dengan daya tahan baterai yang awet.

Modern PC juga telah disematkan dengan fitur touchscreen, jadi bukan Cuma smartphone saja yang menggunakan layar sentuh tapi kini komputer juga sudah layar sentuh. Hal ini sangat membantu untuk menyiasati jika tidak ada mouse atau touchpad sedang error. Jadi alternatifnya masih bisa menggunakan fitur touchscreen. Mungkin sebagian orang menganggap apa gunanya fitur ini, padahal banyak sekali manfaatnya terutama bagi para pelaku design grafis dalam bidang edit foto atau video, dimana mereka bisa menggunakan fitur touchscreen ini untuk menge-zoom in/out sehingga dapat mempermudah produktivitas mereka. Modern PC pun memiliki sebuah aplikasi bernama Paint 3D, dari aplikasi tersebut pengguna dapat membuat objek 3D serta terdapat fitur sticker untuk menambah kecantikan objek 3D tersebut.

Lalu yang menarik dari software Paint 3D adalah pengguna juga dapat langsung ngevlog secara live menggunakan objek 3D yang sudah dibuat sebelumnya. Terus juga Objek 3D yang udah dibuat tadi bisa diunduh, jadi bisa digunakan sebagai pelengkap konten power point nih, Wahh asik banget kan.

Dan yang terakhir Modern PC sangat mementingkan keamanan user, oleh karena itu ia memiliki fitur Controlled Folder Access yang telah dibenamkan pada windows 10, fitur ini berguna menyempitkan akses ke folder data yang ada pada PC. Jadi tidak sembarang orang dapat membukanya, dan jika sewaktu-waktu data hilang atau terhapus karena ada serangan atau hal lainnya, maka masih bisa direstore/pulihkan melalui OneDrive. Jadi aman dan nyaman kan masalah data dan file.

Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Para Blogger sedang Mencoba Modern PC (Dok. Pribadi)
Nah pada Modern PC pun sudah tersedia software perkantoran Microsoft office 365 dan Microsoft office 2019 yang memiliki segudang fitur dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh para office pendahulunya. Dalam kesempatan yang sama aku bersama para blogger yang hadir mencoba experience dan menjajal langsung Modern PC sekaligus mencicipi menggunakan berbagai fitur dan kecangihan pada Microsoft Terbaru, Mau tau apa saja? Mari kita ketahui lebih dalam.

Kecanggihan dan Fitur Keren Pada Microsoft Office Terbaru


1. Animasi 3D


Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Animasi 3D Modern PC (Dok. Pribadi)
Fitur ini ditanamkan pada Microsoft office power point 365/2019. Kegunaan dari fitur animasi yang ada pada office power point ini yaitu pengguna dapat menggunakan aneka ragam animasi yang dapat digunakan untuk memperindah konten power pointnya. Pasti pernah kan Kamu mencari berbagai animasi bergerak (GIF) yang unik-unik di google supaya hasil persentasi milikmu menjadi lebih menarik. Hal pertama yang Kamu lakukan apa? harus buka browser dulu kan, ini dapat menurunkan kinerja PC karena harus menjalankan multitasking.


Tapi berkat dengan kehadiran fitur animasi ini, pengguna tidak perlu lagi repot browsing di google untuk mencari aneka jenis animasi. Sebab kini fitur animasi pada office power point 365/2019 dapat digunakan mencari animasi 3D tanpa harus melakukan multitasking, jadi lebih cepat dan mudah. Dan yang lebih menariknya karena tidak membutuhkan koneksi internet/alias pengguna bisa menggunakan fitur animasi tersebut secara offline. Untuk menemukan animasinya silahkan masuk ke tab Insert pada PPT.

2. Translate


Tak perlu mengelak bahwa tidak semua orang kaya akan pengetahuan bahasa, masyarakat kita masih banyak yang belum menguasai bahasa. Untuk itu fitur translate yang ada pada Microsoft word 365 dan 2019 ini bisa dijadikan bahan belajar guna menambah kosa kata bahasa asing yang tidak diketahui. Asik kan bisa sekaligus nerjemahin kalimat/kata.

3. Kalkulator


Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Kalkulator Canggih Pada Office 2019 (Dok. pribadi)
Loh kalkulator? Jangan salah fitur kalkulator disini bukan sembarang kalkulator. Sebab fitur kalkulator yang ada office 365 dan 2019 ini bisa menyelesaikan soal matematika sekaligus dengan step by step-nya. Jadi bukan Cuma hasil perhitungannya saja yang ditampilkan, melainkan juga cara perhitungannya pun tersedia pada fitur kalkulator keren ini. Nah untuk fitur kalkulator canggih ini, sudah tersedia pada Microsoft OneNote 2019. Keren kan fitur ini, pasti disukai para pelajar nih hehehe. Eits tapi jangan disalahgunakan yaa.

4. SmartLookup


Fitur SmartLookup berguna untuk menemukan atau mencari informasi (definisi, gambar, dll) dari suatu kata. Jadi ketika pengguna menemukan kata yang masih tabu di telinga, maka ia bisa memanfaatkan fitur ini guna mendapatkan informasi terkait kata yang dimaksud. Dan fitur ini juga dapat digunakan untuk menyisipkan terhadap kata yang dicari, dan langsung dapat digunakan pada Microsoft word 365 dan 2019, tanpa harus susah-susah browsing di google.

5. Black Theme


Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Mode Black Theme Modern PC (Dok Pribadi)
Nah fitur yang satu ini bagus banget buat kesehatan mata. fitur black theme telah disematkan pada office 365 dan 2019. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini ketika dirasa mata tidak sanggup menahan silau dari layar monitor, sehingga layar monitor akan menjadi redup dan agak gelap selepas fitur ini diaktifkan. Nah Jadi mata tetap terjaga dan pengguna tetap bisa melanjutkan produktivitasnya.

PT Synnex Metrodata Indonesia


Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Pak Christianto Rasli dari PT Synnex (Dok. Pribadi)
Setelah mengetahui berbagai keunggulan dari Modern PC dan produk dari Microsoft yaitu Microsoft Office 2019 dan 365, pasti Kamu sangat tertarik dong dan bertanya-tanya dimana ya kalo mau mendapatkannya? Nah, kebetulan pada blogger gathering saat itu turut hadir dari PT Synnes Metrodata Indonesia yang merupakan penyedia macam-macam produk Microsoft.

Pak Christianto Rasli yang merupakan Produk marketing dari PT Synnex dalam sambutannya mengatakan bahwa sekarang masyarakat harus berhati-hati dengan produk software bajakan, jangan sampai salah pilih dan tertipu ketika membeli produk software, pilihlah software yang original. Sebab selain software bajakan dapat merusak komponen pada PC, dengan menggunakan software bajakan/palsu maka kita sudah merugikan para penjual software yang ori. #PakaiYangOri memiliki keuntungan dalam jangka panjang.

PT Synnex menawarkan berbagai produk dari Microsoft yang original dan memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan membeli produk menggunakan sistem ESD (Elektronik Software Delivery). Jadi pembeli hanya tinggal order saja produk Microsoft yang akan dibeli melalui web bisa melalui JD.ID, setelah itu pihak PT Synnex akan mengirimkan softcopy file berikut dengan lisensinya kepada pelanggan melalui email. Jadi tak perlu repot pergi ke gerai, sekarang lebih menghemat waktu dan biaya karena harganya produk yang dijual begitu terjangkau serta tidak ada biaya pengiriman alias gratis untuk ongkirnya.

Keuntungan yang didapat ialah keamanan terjamin dan produk yang dibeli dipastikan original bukan yang bajakan seperti yang dijual oleh kalangan oknum nakal yang mengambil keuntungan.

Yuk kita beralih ke Modern PC untuk merasakan produk-produk luar biasa dari Microsoft yang terbaru seperti Microsoft office 2019 dan Microsoft Office 365. Yang pastinya semua produk yang terinstall pada Modern PC sudah dipastikan original. Huft kalo pake Modern PC bakalan makin produktif deh.


Yaudah sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Modern PC: Semakin Produktif Berkat Microsoft Terbaru
Foto Bersama Microsoft Blogger Gathering
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment