Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Karakter Animasi Zuzhu & Zazha (Dok. Pribadi)

Konten GaptekSusu Saya Susu Bendera! Jangan pake nada ya baca nya hehehe. Hayoo siapa yang pernah mendengar kalimat di atas? yapz kalimat tersebut merupakan tagline nya brand susu ternama di Indonesia yakni Frisian Flag atau yang lebih akrab di telinga masyarakat dengan sebutan susu bendera. Yang sering minum susu bendera pasti udah hafal banget sama kalimat tersebut ya kan hehe.

Nah ngomongin masalah susu Frisian Flag, kemarin pada tanggal 29 September 2019 aku baru saja mengikuti rangkaian acara Press Conference dalam rangka peluncuran karakter animasi terbaru dari Frisian Flag yakni Zuzhu dan Zazha. Acara peluncuran tersebut diselenggarakan di TMII, tepatnya di Theater Garuda Taman Bhinneka Tunggal Ika TMII, Jakarta Timur. Pada saat itu aku menghadiri acara tersebut bersama teman blogger yang mayoritas adalah kaum hawa terutama ibu-ibu.

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Para Narasumber yang Hadir (Dok. pribadi)
Acara peluncuran saat itu dihadiri oleh beberapa narasumber yang turut meramaikan diantaranya: Aliah Shalihah selaku Head of Ready to Drink Category Frisian Flag Indonesia, Rani Wijaya selaku Manager Marketing PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Putu Andini, M.Psi selaku Psikolog, dan Bambang Gunawan Santoso selaku Animator Indonesia.

Press Conference ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan karakter animasi baru Zuzhu dan Zazha yang merupakan persembahan dari Frisian Flag Indonesia (FFI). Karakter animasi ini adalah tokoh animasi edukatif yang diharapkan mampu meningkatkan literasi gizi dan pembelajaran gaya hidup sehat sejak dini, melalui perantaranya dengan media tokoh animasi. Apalagi anak-anak yang memang sangat menyukai dan sering menyaksikan kartun animasi, dengan kemunculan animasi di Frisian Flag diharapkan anak lebih terbiasa dengan pola hidup sehat salah satunya jadi terbiasa minum susu.

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Maskot Zuzhu dan Zuzha (Dok. Pribadi)
Yang unik dari proses terciptanya karakter terbaru Zuzhu dan Zazha ialah karena terinspirasi dari tetesan susu. Ketika disela-sela press conference berlangsung kemarin, muncul maskot Zuzhu dan Zazha, Bentuknya memang mirip dengan tetesan susu, Zuzhu berwarna biru seperti laki-laki, dan Zazha berwarna pink seperti perempuan. Supaya anak laki-laki maupun perempuan punya karakter animasi masing-masing pada susu Frisian Flag yang akan diminum.

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Kemasan Susu Cair Frisian Flag (Dok. pribadi)
Nah Zuzhu dan Zazha sendiri sudah dapat ditemukan pada kemasan susu cair Frisian Flag 115ml &180ml dengan 2 varian warna yakni coklat dan stroberi, kemasan susu cair Frisian Flag tersebut dapat ditemukan di lebih dari 13.000 gerai alfamart yang ada di seluruh Indonesia. Bukan hanya itu saja, ke-2 karakter animasi Zuzhu dan Zazha juga dapat dilihat pada e-comic serta film animasi pendek yang mengisahkan berbagai cerita inspiratif dan edukatif sesuai dengan kehidupan sehari-hari. Jadi anak-anak bisa lebih happy sebab mereka bisa minum susu Frisian Flag sekaligus sambil menonton karakter animasi nya dalam film, sehingga double manfaat yang diperolehnya yaitu sehat karena minum susu dan mengedukasi karena menonton karakter animasi Zuzhu dan Zazha.
“Sebagai perusahaan yang secara konsisten menghadirkan inovasi melalui rangkaian produk susu berkualitas dan terjangkau, inovasi dari Frisian Flag Indonesia juga direalisasikan melalui ragam inisiatif yang dihadirkan. Dengan memanfaatkan teknologi yang kini kian berkembang pesat di tengah masyarakat bahkan telah melekat pada anak-anak, maka kami menghadirkan duo karakter Zuzhu dan Zazha di platform digital melalui serial animasi film pendek dan cerita bergambar/komik digital.” Tutur Aliah Shalihah dalam acara peluncuran di TMII saat itu.
Memang tak bisa dipungkiri kemajuan teknologi dan penetrasi internet telah menjamur di Indonesia, hingga anak-anak sekarang pun sudah mahir dalam menggunakan kecanggihan peralatan digital. Kalau para orang tua tidak mengontrol dan mengawasi apa yang dilakukan/ditonton anaknya dalam ranah digital, maka tidak menutup kemungkinan anak bisa memiliki karakter yang buruk jika setiap harinya selalu disuguhkan dengan konten-konten di internet yang memiliki citra buruk. Nah oleh karena itu Frisian Flag disini beradaptasi dengan perkembangan zaman, eranya digitaliasi maka bagaimana caranya anak tetap menggunakan sarana teknologi dan digital, namun tetap ada nilai edukasinya.

Karakter animasi Zuzhu dan Zazha yang dihadirkan dalam e-comic serta film pendek, dapat menjadi alternatif konten edukasi yang menarik bagi anak untuk menanamkan karakter dan pesan budi pekerti yang baik, dan membiasakan anak terbiasa hidup sehat dengan memperbanyak mengonsumsi susu sehat dan aman. Karena tanpa disadari karakter anak bisa dilihat dari konten apa yang ia lihat, apalagi anak sangat peka terhadap apa yang ia lihat, mereka akan meniru apa saja yang dilihat oleh matanya. Untuk itu penyajian konten animasi Zuzhu dan Zazha dari Frisian Flag diharapkan mampu membentuk karakter anak menjadi pribadi yang baik.

Senada dengan itu, Putu Andini yang merupakan seorang psikolog menyetujui terkait konten yang dilihat oleh anak dapat membentuk karakter dan perilaku anak. Animasi Zuzhu dan Zazha dapat dimanfaatkan sebagai bahan menanamkan benih-benih moral dan karakter yang baik dan positif pada jati diri sang anak dengan cara yang lebih fun dan menyenangkan.

Sekarang era digital, faktor yang mempengaruhi baik atau buruknya sang anak menjadi luas. Kalau dahulu mungkin hanya orang tua, guru, teman, dan lingkungannya saja yang menjadi faktor, tetapi sekarang media internet juga menjadi turut andil dalam proses terbentuknya karakter anak. Ucap Putu Andini.

Coba kalau kita lihat, bukanlah suatu hal yang aneh lagi melihat anak kecil sudah memiliki smartphone, dimana-mana anak sudah memiliki smartphone yang canggih. Setiap harinya mereka disajikan berbagai jenis konten yang ada dalam dunia internet. Dan memang begitu faktanya bahwa anak-anak menghabiskan rata-rata 2-3 jam perhari  untuk menonton konten digital, baik di televisi, radio, internet, dan platform media digital lainnya.


“Tokoh animasi kini sudah hadir dalam konten digital, sehingga dapat dijadikan rolemodel bagi anak dan ada perubahan perilaku yang positif pada anak selepas menonton”.
Sementara itu dalam acara tersebut Pak Bambang yang sudah berpengalaman dalam dunia animasi berbagi kisahnya bagaimana cara agar karakter animasi dapat dimanfaatkan guna memperkenalkan pola hidup sehat terhadap anak sejak kecilnya. Kehadiran karakter edukatif animasi Zuzhu dan Zazha pasti sangat disukai oleh anak sebab memiliki visual yang memanjakan mata dengan warna-warna cerah yang mampu menarik perhatian sang anak.

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Pak Hendra dari Pihak Alfamart (Dok. Pribadi)
Dalam acara peluncuran karakter animasi zuzhu dan zazha tersebut juga menggandeng alfamart sebagai partner kerja samanya, maka saat itu pada hari yang sama juga diadakan aktivitas menggambar dan mewarnai karakter Zuzhu dan Zazha yang melibatkan lebih dari 16.000 anak di 16 kota yang ada di Negara Indonesia. Lomba menggambar dan mewarnai ini pun dilakukan serentak pada 7 kota di Indonesia.

Semoga dengan kehadiran Karakter Animasi Zuzhu dan Zazha bisa memikat anak untuk menanamkan pola hidup sehat, dan menjadi seorang yang tetap melek teknologi namun dengan tontonan dan konten yang mengedukasi dan positif. Mari kita tanamkan nilai dan kebiasan baik pada anak-anak, kita kenalkan tokoh animasi Zuzhu dan Zazha sekarang, dan jangan lupa juga  baca cerita inspiratif dan edukatif Zuzhu dan Zazha, kamu dapat mellihatnya di link ini  www.frisianflag.com/komikzuzhu

Frisian Flag Luncurkan Karakter Baru Zuzhu & Zazha
Foto Bersama Blogger yang Hadir di TMII 
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment