5 Destinasi Wisata di Jogja yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

5 Destinasi Wisata di Jogja yang Tak Boleh Kamu Lewatkan

5 Destinasi Wisata di Jogja yang Tak Boleh Kamu Lewatkan
5 Destinasi Wisata di Jogja yang Tak Boleh Kamu Lewatkan
Konten Gaptek - Setelah beberapa waktu terakhir berdiam di rumah dikarenakan pandemi, berlibur rasanya jadi opsi menyenangkan yang sangat dirindukan. Jika kamu ingin liburan tetapi kantong sedang tipis? Tak usah khawatir, manfaatkan saja flash sale Traveloka untuk harga akomodasi yang jauh lebih murah, atau pilih destinasi wisata lokal yang tentunya ramah di kantong. Jogja, adalah salah satu kota yang dikenal akan biaya hidup yang cukup rendah dibandingkan kota-kota besar lainnya, kota Jogja sangat cocok dijadikan lokasi berlibur hemat pilihanmu. Bingung mau mengunjungi apa saja ketika di Jogja? Berikut 5 destinasi wisata di Jogja yang tentu saja tak boleh kamu lewatkan.

1.        Jalan Malioboro

Saat mendengar kata Jogja, tentu saja kita akan terbenak dengan Malioboro. Yapz, sebab Malioboro merupakan salah satu lokasi yang paling populer di Jogja. Malioboro bisa menjadi tempat yang cocok untuk berjalan-jalan santai menikmati suasana Jogja sembari berbelanja beragam produk khas. Biasanya, di malam hari terdapat banyak seniman lokal yang menampilkan pertunjukan seperti bernyanyi hingga menari. Di sepanjang jalan Malioboro ini juga tersedia banyak bangku untuk para pejalan kaki sejenak melepas lelah. Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas yang dijajakan di kaki lima sepanjang jalan Malioboro serta berfoto di spot-spot tertentu untuk mengabadikan kenangan.

2.     Pasar Beringharjo

Masih di lokasi yang sama, Pasar Beringharjo yang terletak di ujung jalan Malioboro juga termasuk destinasi wisata yang tak boleh kamu lewatkan. Pasar ini menjual berbagai barang mulai dari makanan tradisional, batik khas Jogja, hingga barang-barang kuno nan antik. Sangat cocok bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh bagi keluarga ataupun kolega, karena harganya terkenal sangat terjangkau dan jenisnya pun beragam. Psst, jangan lupa untuk menawar harganya ya, terutama bila kamu membeli dalam jumlah besar.

3.        Keraton Yogyakarta

Keraton merupakan bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan beserta keluarganya. Di Keraton Yogyakarta, terdapat pula museum yang khusus memamerkan barang-barang kesultanan mulai dari peralatan rumah tangga hingga barang-barang unik hadiah dari raja-raja Eropa. Agar mendapat penjelasan yang lebih lengkap dan informatif terkait arsitektur dan sejarah keraton, kamu bisa menyewa pemandu yang disediakan oleh keraton dengan harga terjangkau.

4.        Museum Ullen Sentalu

Terletak di Jalan Boyong KM 25 Kaliurang Barat, Sleman, Yogyakarta, museum ini memiliki luas area 1,2 hektar. Suhu udaranya relatif dingin dengan kisaran 15-20 derajat celcius. Museum ini terkenal dengan arsitekturnya yang sangat unik, dimana jalan masuk menuju bagian dalam museum terdiri dari undakan, labirin serta kelokan yang bermuara pada ruang pameran di bawah tanah. Museum Ullen Sentalu berisikan koleksi sejarah dan budaya dari Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Pemandu museum akan memberikan penjelasan yang amat detail mengenai benda-benda seni yang dipamerkan di museum ini. Di museum ini, pengunjung tidak diperbolehkan untuk memotret benda-benda yang dipamerkan, sehingga kamu akan benar-benar fokus untuk menikmati dan menghargai benda-benda seni di museum ini.

5.        Pantai Parangtritis

Meski banyak pantai-pantai indah di Jogja yang menjadi obyek wisata baru populer, namun pesona Pantai Parangtritis tetap tidak terkalahkan. Hal ini terbukti dari ramainya pengunjung di pantai ini. Selain bermain di pantai, kamu juga dapat mencoba beragam aktivitas seru seperti paralayang ataupun berfoto di beragam spot foto menarik yang disediakan oleh penduduk lokal dengan tarif yang relatif murah.

Tertarik untuk berwisata hemat ke Jogja? Agar semakin hemat, nyalakan notifikasi aplikasi Travelokamu dan pantau terus berbagai media sosial resminya supaya kamu tidak melewatkan flash sale potongan harga beragam akomodasi yang menarik.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment