Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Dufan
Konten Gaptek – Setelah sekian lama mendekam di dalam rumah, akhirnya aku bisa kembali menghirup udara segar dan beraktivitas di luar rumah untuk berlibur serta seru-seruan bareng bersama teman-teman. Kesempatan liburan kali ini aku bersama temanku pergi ke Dufan yang berada di Ancol – Jakarta Utara. Mengapa dufan pilihannya? Sebab Dufan memang menjadi salah satu tempat favorit yang sangat cocok untuk berlibur dengan menikmati aneka jenis wahana yang ada, dan tentunya ini bisa menghilangkan stress dan beban pikiran akibat terlalu lama berdiam diri di rumah.

Meskipun kondisi dunia sekarang ini sedang dilanda pandemi, tapi Ancol termasuk kawasan Dufan udah dibuka lohh. Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini pula yang aku rasakan kemarin ketika mengunjungi Dufan di era PSBB Transisi, dimana pihak dufan sangat memperhatikan protokol kesehatan kepada pengunjung yang datang. Mulai dari pembatasan jumlah pengunjung, di depan gerbang masuk Ancol dan pintu masuk Dufan sudah ada security yang siap mengecek tas pengunjung serta memantau apakah ada pengunjung yang bandel tidak menggunakan masker, dan selanjutnya petugas akan menanyakan tiket, jika tiket sudah dimiliki barulah pengunjung diperkenankan masuk.

Kemudian juga sebelum masuk ke dalam Dufan, pengunjung terlebih dahulu diperiksa barang bawaannya serta dilakukan cek suhu tubuh. Nah sampai disini barulah pengunjung boleh untuk masuk ke dalam kawasan Dufan. Ketika aku berada di dalam Dufan pun, sudah tersedia banyak sekali hand sanitizer, sabun, dan keran di beberapa titik, sehingga dapat memudahkan pengunjung untuk selalu membersihkan tangan setiap saat.

Begitupun saat menaiki wahana, sebelum menaiki wahana setiap pengunjung akan disemprot terlebih dahulu tangannya menggunakan hand sanitizer dan saat antri naik wahana wajib tetap jaga jarak. Setelah itu juga saat menaiki wahana tetap diberlakukan physical distancing dengan membatasi jarak tempat duduk di setiap wahana, jadi sebagian kursi memang sengaja dikosongin. Dan jika sudah selesai, wahana akan disemprot dengan cairan disinfektan secara berkala guna mengurangi risiko penularan virus. Tak hanya itu, di beberapa tempat duduk pun sudah dibatasi dan diberikan jarak dengan tanda X, hal ini agar tidak ada pengujung yang dempet-dempetan. Gimana? Pastinya bakal merasa aman dan nyaman kan? Jadi gak perlu khawatir untuk berlibur ke Dufan, sebab masalah protokol kesehatan disana cukup terjamin.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Jaga Jarak yaa
Saat itu aku datang ke Dufan di hari weekday, jadi pengunjungnya tidak begitu ramai dan terdapat beberapa wahana yang belum dioperasikan/dibuka sehingga hanya sebagian wahana saja yang aku coba dan itupun yang sesuai dengan keberanianku hehe seperti Niagara-gara, Bumper Car, dan Kereta Misteri. Pertama aku berkeliling di area dunia kartun yang punya beberapa wahana diantaranya: Turbo Drop, Bumper Car, Ontang Anting, Paralayang, dan Baling-baling. Dan wahana yang aku tidak berani naik yaitu wahana baling-baling, sebab di wahana ini pengunjung akan diputar balikkan 360 derajat dan rasanya itu kayak melayang di udara, wajar aku ga berani hahah, jadi aku melihat saja keseruan temanku menaiki wahana baling-baling. Uhh padahal rasanya aku penasaran pengen nyoba, tapi disisi lain aku takut ketinggian. Haha.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Wahana Baling-baling
Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Wahana Bumper Car
Setelah naik wahana baling-baling, baru deh naik wahana yang sesuai keberanian aku banget wkwk yakni Bumper Car. Enaknya naek Bumper Car, tidak terlalu ekstrem dan aku bisa menabrak siapapun tanpa ada yang memarahi hehe. Selanjutnya aku berkeliling lagi untuk mencoba wahana lainnya, Meskipun belum semua wahana dibuka, tetapi itu sama sekali tidak mengurangi keseruan ku bersenang-senang di dufan.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Wahana Hysteria

Dari semua wahana yang aku naikin, ada satu wahana yang sangat menarik bagiku yaitu wahana “Kereta Misteri”. Dari namanya saja sudah bikin penasaran banget kan, dan tepat sekali dong ketika aku mencoba menaiki wahana kereta misteri ini memang benar-benar penuh dengan misteri. Di dalam ruangan gelap dan banyak lukisan yang cukup menyeramkan, pengunjung akan menaiki kereta yang terdiri dari 4-5 gerbong diiringi dengan lantunan suara yang mencekam. Awalnya aku kira wahana ini cuma berkeliling menggunakan kereta dan ditakut-takuti oleh hantu saja, namun dugaanku salah, lebih dari itu ternyata banyak kejutan yang tak tertuga dan sensasi luar biasa yang aku rasakan. Yang jelas seru banget deh pokoknya dan enggak nyesel pernah nyobain naik wahana kereta misteri.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Wahana Kereta Misteri


Kalo kalian ke Dufan, maka wahana kereta misteri wajib banget untuk dijajal. Biar gak penasaran kan hehe. meskipun wahana ini masih terbilang baru, sebab masih kurang  1 tahun semenjak di luncurkan, tetapi peminat wahana kereta misteri cukup banyak lohh. Terbukti waktu pas aku mau nyoba pengunjung pada berebutan masuk. Mantap banget yaa!

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Toilet & Tempat Nyolok Cuy
Di Dufan juga sudah tersedia musholla, toilet, dan yang paling penting ada tempat charging point yang dapat digunakan untuk mengecas HP. Hmm udah gak perlu takut lowbat lagi kalo main di dufan mah hehe. Kalau mau makan juga sudah tersedia tempatnya seperti kantin untuk membeli makanan/minuman. Habis makan jangan lupa tetap patuhi kebersihan dengan membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Buang Sampah di Tempat Sampah
Oh iya, dikarenakan kondisi saat ini masih pandemi dan Ancol pun masih dalam pembukaan operasional terbatas, jadi sebelum berlibur dan berkunjung ke Ancol / Dufan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengunjung nih diantaranya:

1. Pesan Tiket Secara Online

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Dufan
Syarat wajib untuk berkunjung ke Ancol maupun Dufan tentunya harus punya tiket dahulu dengan cara memesannya. untuk pemesanan tiket hanya bisa dilakukan melalui online dan tidak dibuka pembelian secara tunai di loket Ancol. Hal ini juga dilakukan untuk mengurangi risiko pemaparan virus karena tidak harus bersentuhan fisik.

Untuk pemesanan tiket masuk ancol dan dufan melalui online bisa menuju situs http://www.ancol.com. kemudian tinggal diisi data yang ada dengan benar dan lengkap. Kamu bisa memilih tanggal dan berkunjung pada tanggal yang sudah dipilih saat memesan tiket. jika pendaftaran berhasil, maka kamu akan mendapatkan tiket masuknya yang berbentuk QR Code.

2. Pengunjung Berdomisili DKI Jakarta

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Dufan
Saat ini pengunjung Ancol / Dufan yang boleh memesan tiket hanyalah masyarakat yang berdomisili dan memiliki KTP DKI Jakarta. Jika tidak domisili DKI, maka pengunjung tidak diperkenankan masuk dan dapat menjadwalkan ulang hari kunjungan di waktu lain (tiket dianggap belum digunakan) sampai adanya perubahan terkait ketentuan pembatasan domisili tersebut. jangan pernah nekat untuk datang jika tidak punya identitas DKI Jakarta yaa, sebab nanti sebelum masuk pengunjung harus memperlihatkan identitas seperti KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor yang membuktikkan berdomisili di DKI Jakarta.

3. Pembatasan Pengunjung

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Dufan
Tentunya di saat pandemi seperti sekarang, tidak akan seperti pada biasanya yang akan dipadati oleh pengunjung. Pengunjung pun dibatasi serta terdapat ketentuannya sendiri seperti: Anak umur dibawah 9 tahun dan ibu hamil tidak diperbolehkan untuk masuk sebab sangat rentan terpapar virus, Orang Dewasa s/d umur 60 tahun masih boleh berekreasi normal sesuai jam operasional, dan untuk pengunjung umur 60 tahun keatas hanya dapat rekreasi ke kawasan pantai, ecopark, dan pasar seni mulai jam 06.00 s/d 10.00 WIB.

4. Kondisi Tubuh Dalam Keadaan Bugar

Seperti yang sudah aku singgung di paragraph awal bahwa sebelum masuk pengunjung akan terlebih dahulu di cek suhu tubuhnya, jika terdapat pengunjung yang suhu badannya di atas 37,3 derajat Celcius maka ia tidak diperkenankan untuk memasuki Ancol dan akan segera diarahkan untuk meninggalkan lokasi, dan bisa melakukan reschedule kunjungan di waktu lain sampai kondisi tubuh benar-benar sehat. Dan yang terpenting saat berkunjung jangan lupa tetap gunakan masker selama berada di wilayah Ancol.

Gimana? Udah siap belum #KembaliKeAncol dan liburan bersama menikmati wahana di Dufan dengan #SenangSelamatBarengBareng. Yuk ke Dufan! untuk tiket masuk di hari weekday kisaran Rp. 200,000 sedangkan untuk weekend kisaran Rp. 295,000. Jika kamu datang saat weekday bisa masuk lewat gerbang timur, sedangkan saat weekend baru bisa masuk lewat gerbang barat yang merupakan pintu masuk utama. Intinya ketika berkunjung ke Dufan tetap patuhi semua protokol kesehatan yang ada yaa kawan, Demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Keseruan Menikmati Wahana di Dufan Saat PSBB Transisi
Dufan
Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment