Manfaat Yang Bisa Didapatkan Jika Anda Rajin Membaca Surat Al Mulk


Manfaat Yang Bisa Didapatkan Jika Anda Rajin Membaca Surat Al Mulk
image source: islampos.com

Sebagai umat muslim yang baik sudah selayaknya kita mengamalkan dan melaksanakan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah SWT. Dari beberapa amalan yang diperintahkan, membaca alquran menjadi salah satu amalan yang disukai oleh Allah SWT. Mengapa demikian? Ya, karena di dalam alquran semua umat muslim bisa menemukan jawaban atas segala pertanyaan yang muncul.

Alquran sendiri dikatakan sebagai pedoman bagi umat muslim sampai akhir hayat nanti. Didalam alquran ada 114 surat yang bisa dibacakan yang mana setiap suratnya mengandung makna yang berbeda – beda. Salah satu surat yang diyakini mengandung banyak manfaat jika dibacakan secara rutin ialah surat Al Mulk. Surat Al Mulk sendiri merupakan surat ke 67 yang ada didalam alquran.

Kata Al Mulk sendiri dalam bahasa arab memiliki arti kerajaan yang dimana penamaan surat Al Mulk ini diambil dari kata pertama dalam surat ini. Keseluruhan ayat yang ada dalam surat Al Mulk menceritakan tentang Allah SWT yang menguasai seluruh langit dan bumi. Dengan membaca surat ini maka kita akan memahami bahwa tidak ada yang lebih berkuasa di semesta ini kecuali Allah SWT.

Itulah yang menjadi alasan mengapa surat Al Mulk ini menjadi salah satu surat yang harus sering diamalkan, dan barangsiapa yang rutin membaca dan mengamalkannya maka ia akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dari Allah SWT. Kira – kira apa sajakah manfaat yang bisa dirasakan? Berikut diantaranya.

1.   Bisa terhindar dari siksa kubur dan siksa api neraka

Dengan membaca surat Al Mulk setiap hari maka amalan tersebut kelak bisa menyelamatkan kita dari siksa api neraka dan juga siksa kubur. Penjelasan mengenai hal tersebut dijelaskan didalam hadits riwayat Nasa’i yang mengatakan bahwa orang yang rajin membaca “Tabarokalladzi biyadihil mulk” setiap malamnya maka Allah akan hindarkan ia dari siksa kubur dan siksa api neraka.

2.   Dapat memberi syafaat bagi yang membacanya

Dengan membaca surat Al Mulk setiap hari maka kita bisa mendapatkan syafaat dari Allah SWT di hari pembalasan kelak. Penjelasan mengenai hal tersebut juga dijelaskan oleh Abu Hurairah, dimana nabi Muhammad bersabda bahwa didalam alquran ada satu surat yang jika membacanya maka bisa diampuni dosanya dan diberikan syafaat di hari akhir, yaitu bacaan “Tabarokalladzi biyadihil mulk”.

3.   Bisa mendapat ampunan atas dosa – dosanya

Manusia memang tidak pernah luput dari yang namanya salah dan dosa, namun jika anda sering membacakan surat Al Mulk maka anda bisa mendapatkan ampunan atas dosa – dosa yang anda buat. Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadits riwayat Thobrani yang mengatakan bahwa ada satu surat berjumlah 30 ayat yang dapat menolongnya masuk ke surga.

4.   Dapat menjauhkan diri dari maksiat

Godaan manusia untuk berbuat maksiat memang sangatlah banyak, oleh karena itu ada satu amalan yang dapat menghindarkan manusia dari sifat kemaksiatan. Salah satu amalan tersebut yaitu dengan rajin membaca surat Al Mulk setiap hari. Perintah mengenai hal tersebut juga dijelaskan langsung dalam surat Al Mulk ayat ke-12.

5.   Bisa membuat kita lebih menjadi orang yang tawakal

Dengan rajin membaca surat Al Mulk setiap harinya maka kita bisa belajar menjadi hamba Allah yang lebih bertawakal. Jika kita bisa memaknai semua artian yang ada didalam surat Al Mulk maka kita bisa lebih menerima terhadap apapun ketentuan yang diberikan oleh Allah SWT pada kita. 

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment