Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional
Trigeminal Neuralgia Awareness Day 

Konten GaptekHalo teman-teman semua, bagaimana kabarnya nih? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan yaa, dan juga terhindar dari berbagai penyakit. Di zaman seperti ini kita harus lebih ekstra waspada dengan yang namanya penyakit, karena banyak sekali beragam jenis penyakit yang bisa saja menimpa pada tubuh seseorang khususnya bagi mereka yang memiliki imun lemah. Terlebih ketika seseorang itu jauh dari gaya hidup sehat dalam kesehariaannya, maka penyakit akan lebih mudah masuk ke tubuh orang tersebut.

Maka dari itu pola hidup sehat ini penting banget lohh, dimulai dari hal kecil seperti istirahat yang cukup, jangan banyak bergadang, makan yang teratur dan konsumsi makanan bergizi, serta olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Memang terlihatnya sepele, tapi dampaknya besar banget kedepannya bagi kesehatan tubuh kita. Penyakit itu kan ada yang jangka panjang, dan dekat. Boleh jadi sekarang kita terlihat sehat, tapi di masa tua tubuh dihinggapi berbagai penyakit. Jangan sampai yaa, kita berlindung dari hal itu.

Berbicara soal penyakit, aku pikir tak akan ada habisnya jika mau disebutkan satu persatu, sebab banyak sekali penyakit yang belum diketahui oleh manusia, atau masih sedikit orang yang tahu akan jenis penyakit ini. Contohnya saja seperti yang baru aku ketahui pada saat kunjungan ku ke RS PON (Pusat Otak Nasional) yang berada di daerah Cawang, Jakarta. Saat itu aku jadi tau tentang penyakit Trigeminal Neuralgia.

Mengenal Apa Itu Trigeminal Neuralgia

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional
foto bersama narasumber

Mungkin di kalangan masyarakat masih banyak yang belum mengetahui akan penyakit satu ini. Jujur saja, aku pun baru mengerti dan mengetahui ilmu ini kemarin saat acara blogger gathering di RS PON, dalam rangka hari Trigeminal Neuralgia yang tepatnya jatuh pada tanggal 7 Oktober setiap tahunnya. Ini adalah pertama kalinya aku mendengar nama penyakit Trigeminal Neuralgia, dan bagiku pembahasan ini cukup menarik untuk dibahas karena masih banyak masyarakat awam yang perlu di edukasi soal penyakit satu ini.

Saat itu acara blogger gathering dihadiri oleh segenap rekan blogger dan juga dokter spesialis yang berpengalaman di seputar penyakit Trigeminal Neuralgia seperti: dr. Adi Sulistyanto, SpBS, FINPS dan dr. Mustaqim Prasetya, SpBS, FINPS. Kedua dokter ini merupakan ahli spesialis saraf di Rumah Sakit PON.

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional
hari Trigeminal Neuralgia

Menurut penjelasan dari para dokter kemarin, jadi Trigeminal Neuralgia ini adalah sebuah penyakit yang ditandai rasa nyeri kronis akibat gangguan pada saraf trigeminal saraf kelima dari dua belas pasang saraf yang berasal dari otak (saraf kranial).

Nah, rasa nyeri ini terjadi di area wajah dan umumnya muncul hanya di salah satu sisi wajah saja, serta paling sering terjadi di wajah bagian bawah dan rahang. Bagi para penderita Trigeminal Neuralgia bisa merasakan nyerti tanpa ada rangsangan apapun, dengan rasa nyeri seperti tertusuk, terbakar, atau seperti sengatan listrik.

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional
hari Trigeminal Neuralgia

Gejala yang dialami oleh penderita Trigeminal Neuralgia juga terkadang merasakan nyeri seperti terbakar dan berdenyut-denyut yang muncul di bagian pipi, rahang, gusi, bibir, gigi, bahkan terkadang bisa saja muncul pada mata maupun dahi. Parahnya lagi, rasa nyeri Trigeminal Neuralgia bisa terjadi dan muncul secara spontan/tiba-tiba, jadi kapanpun dan dimanapun rasa nyeri ini dapat kambuh.

Mungkin sekilas jika dibayangkan hampir mirip yaa dengan sakit gigi biasa, padahal faktanya sangat berbeda lohh. Mulai dari gejala saja sudah berbeda, sakit gigi hanya terasa sakit pada gigi saja. Sedangkan Trigeminal Neuralgia pada area wajah tidak hanya gigi. Jadi berbeda yaa teman, perlu digaris bawahi nih, jangan sampai keliru.

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita Trigeminal Neuralgia dapat berlangsung selama beberapa detik hingga sekitar 2 menit. Tentunya hal ini sangat menganggu aktivitas sehari-hari bagi penderita kan. Terlebih, ketika serangan nyeri ini munculnya setiap hari selama beberapa minggu bahkan bulan. Bisa dibayangkan betapa stressnya dan tersiksa sekali bukan saat rasa nyeri muncul seketika.

Tak heran jika penyakit Trigeminal Neuralgia dikatakan Suicide Disease. Lantaran banyak yang merasakan frustasi saat mengalami penyakit ini, dan akan timbul rasa untuk mengakhiri hidup alias bunuh diri.

Lantas apa sih sebenarnya yang bisa menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit Trigeminal Neuralgia? Tentu ada beberapa faktor penyebab seseorang mengidap Trigeminal Neuralgia diantaranya: Mengalami gangguan fungsi saraf akibat saraf tertekan oleh pembuluh darah yang melebar atau tumor di sekitarnya, pernah mengalami cedera pada saraf trigeminal misalnya akibat trauma pada wajah atau efek dari operasi, stroke, dan adanya kelainan yang menyebabkan rusaknya selaput pelindung saraf bernama mielin.

Oleh karenanya kita semua harus lebih waspada jika memiliki gejala nyeri pada wajah, sebab siapapun bisa terkena Trigeminal Neuralgia, meskipun lebih rentan terhadap wanita, usia diatas 50 tahun, terdapat riwayat penyakit Trigeminal Neuralgia dalam keluarga, dan penderita Hipertensi (darah tinggi). Itulah mereka yang risiko terkenanya lebih besar mengalami Trigeminal Neuralgia.

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS Pusat Otak Nasional
Ibu Novita & Pak Abdul

Menurut salah satu mantan penyintas Trigeminal Neuralgia yang hadir saat acara kemarin yaitu Pak Abdullah, beliau menceritakan pengalamannya sebagai seorang yang pernah merasakan Trigeminal Neuralgia bahwa rasa nyeri bisa muncul kapanpun misal saat penderita sedang berbicara, mengunyah, menggosok gigi, cuci muka, bahkan hanya tersenyum sekalipun rasa nyerinya bisa muncul. Kemudian rasa nyeri yang muncul juga bisa disebabkan oleh getaran ketika sedang berkendara atau tiupan angin pada wajah.

Sejalan dengan itu Ibu Novita yang juga pernah menjadi pengidap Trigeminal Neuralgia mengutarakan kalau penyakit ini bisa membuat seseorang menjadi stress dan merasa hidupnya tidak berarti lagi, hal ini pula lah yang ia rasakan dahulu.

Teruntuk teman-teman yang sekiranya memiliki gejala serupa yang mirip seperti Trigeminal Neuralgia, alangkah lebih baiknya untuk datang ke dokter dan berkonsultasi agar jika memang benar itu penyakit Trigeminal Neuralgia jadi bisa segera ditangani dan tidak terlalu parah penyakitnya, karena telah didiagnosa awal.

Nantinya untuk mendiagnosis pasien mengidap Trigeminal Neuralgia atau bukan, dokter akan melakukan tanya jawab mengenai ciri-ciri nyeri dan apa yang memicunya terlebih dahulu. Selanjutnya dokter pun akan menanyakan riwayat penyakit pasien serta riwayat kesehatan keluarga pasien. Barulah dokter akan melakukan pemeriksaan fisik di area wajah untuk memastikan bagian mana yang mengalami nyeri dan cabang saraf Trigeminal mana yang terganggu.

Jika diperlukan, dokter juga bisa melakukan pemeriksaan penunjang berupa MRI Kepala. Hal ini digunakan untuk mengetahui penyebab dari Trigeminal Neuralgia. Ketika sudah ditetapkan dari hasil diagnosa serta pemeriksaanya pasien seorang penyintas Trigeminal Neuralgia, maka dokter akan memberikan obat-obatan sebagai langkah penanganan awal. Tujuan dari pengobatan Trigeminal Neuralgia ini untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan oleh penyintas.

Namun jika dalam kurun waktu yang lama belum juga kunjung mereda rasa nyerinya atau malah muncul efek samping setelah mengonsumsi obat-obatan, maka dokter akan mengambil tindakan operasi. Operasi ini tentunya harus dengan ahlinya dan butuh persiapan yang matang.

Sembuhkan Trigeminal Neuralgia dengan MVD di RS PON

Kalau di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional yang memiliki fasilitas lengkap tentunya operasi untuk penanganan masalah Trigeminal Neuralgia tak perlu diragukan. RS PON mempunyai solusi bagi para penyintas Trigeminal Neuralgia melalui operasi bedah MVD (Microvascular Decompression) yang akan dilakukan oleh tenaga ahli bedah saraf RS PON.

Perlu diketahui bahwa MVD ini sangat aman dan hasilnya baik, nyeri pada pasien akan hilang, tingkat keselamatannya tinggi, tidak ada komplikasi, serta pasien dan keluarga pun merasakan bahagia. Itulah mengapa tindakan operasi MVD ini disebut sebagai Happy Surgery!

Tak perlu risau mendengar kata operasi bedah, karena tindakan MVD hanya melakukan sayatan kecil saja pada bagian belakang telinga guna membebaskan saraf trigeminal yang tertekan oleh pembuluh darah agar rasa nyerinya bisa hilang.

Adapun untuk memperlancar proses operasi pembedahan MVD tak lepas berkat kecanggihan peralatan teknologi yang tersedia di RS PON diantaranya:

  • Peralatan Navigasi 3 yaitu alat pandu dokter untuk perencanaan pra-bedah dan panduan saat pembedahan agar tepat sasaran serta mencegah terjadinya risiko yang tidak diinginkan sehingga tingkat keberhasilan tindakan bedah menjadi lebih optimal.
  •   Magnetic Resonance Imaging (MRI) yaitu alat pemindaian radiologi dengan memanfaatkan gelombang elektromagnetik dan komputer untuk menghasilkan gambar struktur tubuh secara akurat, sehingga mampu menampilkan struktur saraf trigeminal yang tipis, pembuluh darah yang tertekan, dan struktur lainnya secara lebih jelas dan detail.
  •   Intra Operative Monitoring (IOM) yaitu perangkat teknologi yang dapat memonitor secara actual fungsi saraf selama proses bedah berlangsung sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya kerusakan saraf serta memberikan tingkat keberhasilan yang lebih baik.

Menurut testimoni langsung dari kedua mantan penyintas Trigeminal Neuralgia yakni Pak Abdul dan Ibu Novita mereka merasa bahagia karena akhirnya bisa Sembuh dengan MVD di RS PON. Soalnya mereka sudah melakukan berbagai upaya pengobatan, namun hasilnya nihil. Pada akhirnya MVD di RS PON ini sebagai jawabannya. Rasa nyeri di wajah pun akhirnya hilang, dan tak dirasakan lagi.

Jadi buat teman-teman yang sedang merasakan gejala Trigeminal Neuralgia, atau keluarga, saudara, temannya ada yang sebagai penyintas Trigeminal Neuralgia bisa langsung saja dirujuk ke RS PON untuk segera mendapatkan penanganan. Kalau pak Abdul dan bu Novi saja bisa sembuh, tentunya yang lain juga bisa kok.. Tetap semangat pokoknya buat kalian para penyintas Trigeminal Neuralgia.

Semoga kita semua diberikan kesehatan selalu…

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment