Yuk Ketahui Cara Kerja Airbag pada Mobil

Yuk Ketahui Cara Kerja Airbag pada Mobil
image source: https://www.freepik.com/

Menjaga keamanan saat terjadi benturan keras tidak cukup jika hanya mengandalkan seatbelt. Anda juga memerlukan airbag sebagai salah satu fitur keselamatan berkendaraan. Cara kerja airbag ini akan sangat membantu mencegah benturan keras saat terjadi kecelakaan.

Airbag ini terletak di jok depan mobil yang merupakan tempat yang sering terjadi benturan pada bagian tubuh pengendara.

F u ngs i A i r bag

Fungsi utama dari airbag ini adalah melindungi pengendara terutama ketika terjadi benturan dalam  perjalanan.  Alat  pelindung  ini  terletak  di  bagian  depan  mobil,  sehingga  dapat melindungi organ vital secara maksimal. Ketika terjadi kecelakaan dan benturan keras, airbag akan melindungi bagian kepala, leher, dan dada.

Beberapa jenis mobil bahkan telah memaksimalkan airbag ini sehingga dapat melindungi seluruh  tubuh pengendara.  Selain  melindungi  pengendara,  airbag  ini juga  meminimalisir terjadinya kerusakan pada interior mobil ketika terjadi kecelakaan.

Bagaimana cara kerja airbag dalam melindungi pengendara dan penumpang di bagian depan?

Cara Kerja Airbag pada Mobil

Saat menempuh perjalanan, pengendara mobil perlu menyiapkan mental dan kondisi mobil yang  akan  digunakan.  Seorang pengendara  harus  memahami  cara kerja keseluruhan dari mobil yang digunakan. Pemahaman tersebut termasuk cara kerja airbag.

Airbag  mobil  akan  bekerja  secara  otomatis  ketika  terjadi  benturan  yang  sangat  kuat. Komponen pelindung diri ini terhubung langsung pada sensor yang ada di mobil. Dengan demikian, saat terjadi benturan keras, airbag ini akan aktif secara otomatis.

Sensor  mobil yang telah mengirimkan sinyal akan membuat alat pelindung diri langsung mengembang dan menyelimuti beberapa bagian mobil. Bagian mobil yang diselimuti airbag ini juga akan melindungi organ-orang penting dari pengendara. Keberadaan fitur keselamatan ini membuat alat perlindungan pengendara semakin lebih baik.

Mobil yang belum dilengkapi dengan airbag, tubuh pengendara hanya tertahan oleh seatbelt sehingga risiko terjadinya cedera pada beberapa organ vital lebih tinggi. anda tidak perlu khawatir  dengan pernafasan  pengendara  ketika  airbag  mengembang,  karena alat tersebut tidak akan mengganggu pernafasan.

Airbag terbuat dari bekas nilon tipis yang memiliki banyak lubang untuk mengembangkan dirinya serta mengeluarkan udara agar bisa menyusut seperti balon udara. Gas yang terdapat pada airbag tersebut merupakan nitrogen murni sehingga aman jika terhirup pengendara.

Cara Menggunakan Airbag Secara Maksimal

Sebagai  pengendara  mobil,  Anda  tidak  boleh  memukul  area  komponen  pelindung  diri tersebut.  Selain itu, Anda juga tidak perlu memodifikasi pada beberapa komponen mobil seperti dashboard, bamper mobil, kemudi, panel instrument, serta suspensi kendaraan karena dapat mengurangi performa dari airbag.

Saat alat pelindung diri tersebut bekerja, akan terjadi reaksi kimia pada inflator mobil untuk mengirim alat pelindung diri secara cepat menggunakan gas nitrogen. Pada saat tersebut akan muncul suara bising serta serbuk putih yang turus menyambar. Hal tersebut terjadi akibat nitrogen dipaksa keluar dalam waktu singkat.

Selain itu, beberapa komponen mobil seperti inflator, penutup alat pelindung diri, alat kemudi dan  dashboard  mengalami  peningkatan  suhu.  Ketika  airbag bekerja, pengendara dilarang menyentuh area vitalnya.

Asuransi Mobil

Fitur perlindungan diri sangat dibutuhkan sehingga harus ada di mobil. Selain itu yang tidak kalah  penting  juga  adalah  asuransi  kendaraan  mobil.  Adanya  asuransi  tersebut  akan membantu Anda dalam mengatasi masalah mobil akibat terjadinya kecelakaan, kebanjiran, ataupun resiko berkendaraan lainnya.

Anda  bisa  memilih  asuransi  mobil  yang  terjangkau, seperti asuransi mobil di Cekpremi. Melalui asuransi tersebut Anda bisa melindungi mobil Anda melalui asuransi mobil dengan harga mulai dari 400 ribuan rupiah per tahun. Bahkan Cekpremi juga menawarkan paket asuransi lengkap All Risk dengan perlindungan penuh pada mobil Anda.

Penutup

Demikian  pembahasan  tentang  cara  kerja  airbag  serta  pentingnya  fitur perlindungan diri pada mobil. Pastikan Anda memahami cara kerja alat pelindung tersebut agar dapat berfungsi secara maksimal melindungi pengendara.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment