Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki


Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki

Konten Gaptek
– Indonesia merupakan negeri yang kaya akan kebudayaan dan keseniannya. Salah satu pusat kesenian terbesar dan tertua yang ada di Jakarta bahkan bisa dikatakan se-Indonesia yakni Taman Ismail Marzuki (TIM) saat ini tengah menjalani proses revitalisasi untuk menghadirkan wajah baru serta menjadikan TIM sebagai pusat kesenian dan budaya kelas dunia di Jakarta yang lebih lengkap dan menarik akan fasilitasnya. Revitalisasi TIM ini dikerjakan oleh PT Jakarta Propertindo (JakProGroup) melalui surat penugasan dari pemprov DKI Jakarta.

Sebagai warga Jabodetabek tentunya sudah tidak asing mendengar nama TIM, atau bahkan banyak masyarakatnya yang telah berulang kali berkunjung ke Taman Ismail Marzuki, tak terkecuali dengan diriku. Lahan dengan luas kurang lebih 7,2 hektar ini semula tempat rekreasi umum yang disulap menjadi pusat kesenian agar para seniman dapat berkarya. TIM diresmikan pada 10 November 1968 oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Kini TIM telah mengalami banyak perubahan menjadi lebih baik dan menjadi saksi bisu perkembangan seni di Indonesia.

Pertama kali aku berkunjung ke Taman Ismail Marzuki yaitu saat pandemi corona belum masuk ke Indonesia, tepatnya sekitar tahun 2019. Nah setelah itu, aku sudah jarang sekali maen ke TIM, hingga pada akhirnya dunia dilanda pandemi aku belum kesampaian untuk main ke TIM lagi.

Nah senangnya seminggu yang lalu beruntung aku bisa mendapatkan kesempatan untuk singgah dan melihat wajah baru Taman Ismail Marzuki yang kini sedang dalam proses revitalisasi. Tepatnya hari jumat, 19 November 2021 aku datang ke TIM yang berada di kawasan Cikini, Jakarta Pusat. Jujur saat sampai di lokasi aku merasa heran bercampur kagum karena terdapat beberapa perubahan yang berarti pada TIM, terlebih akupun juga sudah lama tidak ke TIM kali yaa, makanya lumayan kaget aja melihat perubahan ini.

Btw, kamu sendiri udah pernah belum main dan berkunjung ke TIM? Kalau sudah pernah, pasti punya dong pengalaman/kenangan menarik dan seru selama maen ke TIM, yuk ahh boleh ceritain di komentar yaa nanti hehehe.

Beberapa bangunan pada kompleks TIM saat ini masih dalam proses pengerjaan renovasi dan Revitalisasi TIM yang rencananya akan selesai untuk tahap 1 pada akhir tahun 2021 ini. Revitalisasi TIM ini juga mendukung konsep The New Creative Hub & Art Center serta The New Urban Tourism Destination. Tapi kinerja Jakpro dalam melakukan revitalisasi TIM sungguh luar biasa sih menurutku, hanya dalam rentang berapa tahun saja TIM bisa mengalami perubahan menjadi lebih indah dan futuristik untuk dikunjungi. Terlebih juga lokasi dan tempat atau bangunan yang berada di kompleks TIM didesain ramah lingkungan, ramah untuk kaum disabilitas, dan mengoptimalkan ruang publik.

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki

Nah untuk tahapan revitalisasi TIM ini akan ada 3 tahapan: tahap 1 yaitu Gedung Panjang dan Masjid Amir Hamzah yang saat ini progressnya sudah mencapai 99,04%. Kemudian tahap 2 bagian revitalisasi meliputi: Planetarium, Graha Bhakti Budaya, Gedung Annex, dan Teater Halaman (saat ini progressnya sudah 41,63%). Selanjutnya tahapan akhir meliputi: pengerjaan interior gedung perpustakaan dan wisma seni (Gedung Panjang), Gedung Annex, Special Lighting Taman Atap Gedung Parkir, Planetarium, dan Interior Graha Bhakti Budaya (progress sudah 26,08%). Menurut informasi, perkiraan untuk pembangunan dan revitalisasi TIM akan rampung pada Februari 2022. 

1. Teater Besar & Teater Kecil

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Teater Besar

Saat berkunjung ke TIM kemarin, yang pertama aku melihat teater besar dan teater kecil. Teater ini berada di dalam kompleks TIM tepatnya pada gedung teater. Kalo untuk masuk ke dalam teaternya, ini adalah yang pertama kalinya buat diriku. Begitu masuk ke teater besar, ternyata benar-benar sesuai dengan namanya dimana teaternya sangatlah besar dan luas serta terlihat megah. Teater besar ini digunakan untuk pertunjukkan seniman baik lokal, nasional, maupun internasional yang akan melakukan pagelaran seni. Teater besar mampu menampung kurang lebih sebanyak 1200 orang dengan biaya sewa sebesar 30 juta/hari.

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Teater Kecil

Kemudian juga ada teater kecil, yang mana masih bersebelahan dengan teater besar. Terdapat beberapa perbedaan dengan panggung teater besar, pada teater kecil jumlah kursinya bisa dibilang lebih sedikit, hanya berkapasitas kurang lebih 240 orang saja dengan biaya sewa 3 juta/hari.

2. Masjid Amir Hamzah

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Masjid Amir Hamzah

Setelah melihat gedung teater, selanjutnya aku berkunjung ke Masjid Amir Hamzah. Masjid ini masih berada dalam kompleks TIM yaa. Dinamakan Amir Hamzah karena untuk mengenang sastrawan Indonesia yakni Amir Hamzah yang juga diangkat sebagai pahlawan nasional. Untuk masjid Amir Hamzah sendiri memiliki luas beserta plaza salat mencapai 800 meter persegi yang dapat menampung kurang lebih sebanyak 250 jamaah. Dahulu masjid ini digunakan untuk bertukar pikiran para seniman nasional dan internasional.

Jadi buat kamu yang muslim tidak perlu takut ketinggalan kewajiban, karna masjid ini bisa digunakan untuk umum lohh. Udah gitu pemandangannya juga bagus banget, pelataran masjid yang rindang dengan pepohonan serta pada area luar masjid terdapat kolam ikan yang menambah sejuk masjid. Pokoknya makin keren deh masjid Amir Hamzah TIM.

3. Gedung Panjang

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Gedung Panjang

Selanjutnya aku juga masuk ke dalam Gedung Panjang yang berada di TIM. Sesuai dengan namanya, gedung ini memang sangat panjang, nampak jelas apabila dilihat dari kejauhan. Oh iya, ternyata bangunan Gedung panjang ini terinspirasi dari Bentuk Kapal Phinisi lohh. Terus juga ditambah dengan penggambaran not balok ciptaan Ismail Marzuki yang berjudul “Rayuan Pulau Kelapa” pada fasadnya.

Gedung panjang ini terdiri dari 14 lantai dengan panjang mencapai 200 meter yang nantinya akan diisi dengan berbagai tujuan diantaranya:

  1. -lantai 1-3 : Digunakan untuk ruang publik seperti galeri, foodcourt, working space, dll.
    Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
    lantai 1-3

  2. -lantai 4-7 : Digunakan untuk perpustakaan daerah dan pusat dokumentasi Sastra HB Jassin. Dan ternyata pusat dokumentasi sastra terlengkap di dunia itu di TIM lohh, gokil keren banget, pastinya bakal seru abis nih kalo udah jadi nanti, ga sabar mau ke perpustakaannya buat baca buku hehe.
  3. Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
    lantai 4-7

  4. -lantai 8-12 : Digunakan untuk wisma seni bagi seniman yang melakukan pagelaran seni di TIM. Jadi mereka para seniman akan istirahat dan tidur di wisma ini. Udah gitu wismanya juga bagus banget, tipe kamarnya beraneka ragam seperti standar hotel pada umumnya. Pas kemaren aku kesana ngeliat langsung soalnya betulan keren banget.
    Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
    lantai 8-12

  5. -lantai 12-14 : Digunakan untuk Kantor Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) dan Ruang Diskusi Komite Seni.
    Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
    Kolam Renang

Gedung panjang ini juga terdapat fasilitas kolam renangnya dengan ruangan terbuka, jadi bagus banget pemandangannya bisa berenang sambil melihat gedung-gedung tinggi Jakarta.

4. Taman Parkir TIM

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Taman Parkir TIM

Tempat terakhir di kompleks TIM yang aku lihat yaitu Taman Parkir TIM, ternyata diatas lahan gedung parkir TIM terdapat sebuah tamannya lohh yang digunakan untuk mendukung upaya lingkungan yang sehat, bersih, dan berkelanjutan. Ruangan terbuka dengan hamparan rumput hijau luas begitu menyegarkan mata, cocok banget nih kalo sore hari ke taman parkir TIM sambil nungguin sunset yee kan heheh.
Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Gedung Parkir TIM

Pokoknya bagus banget lah untuk saat ini kondisi Wajah Baru TIM meskipun belum 100% selesai proses revitalisasinya. Apalagi nanti kalau udah jadi, wahh gak kebayang bakalan seperti apa, pasti rame banget masyarakat yang bakalan mau dateng kesini.

Tak terhitung sudah berapa banyak karya besar dan seniman ternama yang terlahir di TIM, begitupula dengan komunitas unggul yang bernafaskan kesenian. TIM menjadi ruang berekspresi  bagi para pelaku seni serta lentera dan barometer perkembangan seni di tanah air. Sekarang tugas kita para generasi muda adalah terus melestarikan nilai-nilai kesenian dan budaya seperti para pendahulu. Makanya yuk main-main ke TIM, buat nambah ilmu dan kecintaan kita terhadap seni dan budaya.

Menengok Pesona Wajah Baru Taman Ismail Marzuki
Taman Ismail Marzuki

Buat yang ingin berkunjung ke TIM, bisa melakukan registrasi kunjungan terlebih dahulu yaa melalui bit.ly/kunjunganTIM . Setelah itu baru bisa langsung datang ke TIM pada hari kamis sore pukul 15.00 s/d 17.00 yaa. Sebab hanya pada hari kamis sore untuk saat ini yang bisa dikunjungi oleh publik seperti: Gedung Panjang dan Masjid Amir Hamzah. Oh iya terakhir nih, di kawasan sekitar TIM juga banyak kok kuliner yang bisa kamu dapatkan, jadi jangan khawatir sulit nyari makan yaa kalau maen ke TIM. Hehe.

YUK buruan ke TIM! Jangan lupa ajak juga teman atau keluarga biar tambah seru hehe. see you di TIM yaa! #TIMFest2021 #JakProUnstoppable #WajahBaruTIM

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Post a Comment