kbzM0dbWMJvQu9Z4JjyiyOtlYGcYH8NmTnm1IKGO

Belajar Coding Semakin Mudah di Kampus Koding Hacktiv8

Konten Gaptekdi era digital seperti sekarang ini sepertinya memiliki keahlian di bidang coding sudah menjadi keharusan, karna dengan seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat ilmu coding menjadi modal yang sangat dibutuhkan. Terlebih ilmu coding ini sangat dicari ketika memasuki dunia kerja oleh perusahaan karna masih kurangnya sumber daya manusia yang memahami betul ilmu coding, termasuk di negeri kita tercinta Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informasi yakni Johnny G. Plate telah menyebutkan bahwa Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital baru setiap tahunnya. Namun pada kenyataannya, masih ada kekurangan sekitar 400-500 ribu talenta yang perlu dipenuhi agar ekonomi digital Indonesia bisa berkembang secara optimal.

Kalo kita lihat di Negara maju sana seperti Jepang dan Amerika Serikat mereka mendidik para anak-anak sejak usia dini untuk mempunyai basic skill dasar ilmu coding. Sejak mereka menginjak umur belasan sudah diperkenalkan dengan teknologi yang akan menjadi salah satu kunci keberhasilan karir di masa depannya. Oleh karena itu pentingnya, di Indonesia juga mulai menerapkan pembelajaran coding baik itu di sekolah maupun kampus layaknya pelajaran umum lainnya seperti matematika, bahasa inggris, dll.

Mengapa ilmu coding sangat diperlukan? Karena memang relevan dengan kemajuan teknologi digital yang mana skill dasar yang harus dimiliki ya ilmu coding ini, apalagi buat kamu yang berkeinginan menjadi seorang programmer handal, sudah pasti akan bergelut dengan bahasa pemrograman alias coding setiap harinya. Karna untuk menguasai ilmu coding tidak sembarangan bisa didapatkan, harus dipelajari betul di tempat yang memang terbukti bisa menghasilkan lulusan terbaik dalam keahlian coding.

Menurutku seseorang yang memiliki kemampuan coding, termasuk orang yang spesial karena tidak semua orang dapat dengan mudah memahaminya, sebab belajar coding itu membutuhkan ketekunan dan logika berfikir yang sangat kuat. Makanya ilmu coding menjadi skill yang paling dicari saat ini dengan gaji yang begitu menggiurkan. Kalaupun tidak ingin bekerja di perusahaan, seseorang yang memiliki keahlian coding juga bisa mengembangkan perusaahan teknologinya sendiri dengan membuat startup digital yang telah menjamur layaknya gojek, tokopedia, bukalapak, dll.

Menurut prediksi pun kedepannya beberapa jenis pekerjaan akan hilang dan hampir semua bidang digantikan dengan sistem berbasis teknologi komputer yakni menggunakan artificial intelligence (kecerdasan buatan), makanya agar kamu tidak terhempas oleh kemajuan zaman, kemampuan ilmu coding menjadi satu modal penting yang harus dimiliki.

Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila belajar coding atau belajar programming seperti pola pikir kamu dilatih untuk bisa memecahkan sebuah masalah dan mencari langkah agar sebuah program dapat bekerja, lebih mudah mendapatkan pekerjaan karna prospek nya tinggi misal menjadi web developer, intinya keterampilan coding ini sangat membawa dampak yang besar buat karirmu.

Nah buat para orang tua nih khususnya atau siapapun jangan sungkan untuk mengajarkan anak-anak mu belajar coding, kalian bisa memasukkan mereka ke sekolah coding yang mempelajari terkait coding ataupun kursus coding tambahan jikalau dibutuhkan. Ajarkan sedini mungkin anak-anak untuk bisa belajar coding, kita ambil contoh Bill Gates yang merupakan pendiri Microsoft, ia telah mempelajari ilmu coding sejak usianya masih kecil di 7-8 tahun, lantas sekarang ia bisa menjadi milyarder berkat kegigihannya.

Banyak sekali contohnya diluar sana yang telah memiliki kehidupan layak berkat kemampuan coding. Nah, kita yang telah mengetahui hal tersebut sudah seharunya mengambil contoh dan mengikuti jejak mereka, buat kamu yang baru mau memulai belajar coding pun tidak ada kata terlambat. Sebab skill coding ini akan terus dibutuhkan dalam waktu yang lama. Satu hal lagi terkadang yang membuat seseorang malas mempelajari coding, karna langsung berpikiran bahwa coding itu sulit, padahal nyatanya kalau benar kamu ada kemauan dan niat sungguh-sungguh menekuni ilmu coding pasti akan berhasil kok.

Sesulit-sulitnya memahami bahasa pemrograman, lebih sulit memahami bahasa wanita.

Bahasa pemrograman/coding yang jika dilihat saja sudah bikin kepala ngebul, ternyata masih bisa dipelajari apabila ada tekad dan kemauan. HTML, PHP, MySql, CSS itulah berbagai bahasa pemrograman yang harus dikuasai seorang yang ingin belajar ilmu koding. Yuk belajar bahasa pemrograman dan kuasai ilmu coding sedini mungkin.

Yuk Belajar Coding di Kampus Coding Hacktiv8 BSD

sekolah coding di hacktiv8
sekolah coding di Hacktiv8

Buat kamu yang ingin menekuni dan mempelajari ilmu coding lebih dalam aku mempunyai tempat yang cocok untuk dijadikan sarana belajar coding. Belum lama ini aku sempat menghadiri peluncuran grand launching kampus koding yang berada di daerah BSD namanya Hacktiv8, nah disini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang ingin belajar coding. Tepatnya pada tanggal 2 Februari 2023 aku menyambangi kampus Hacktiv8 yang merupakan salah satu coding bootcamp terbaik di Indonesia.

Kampus terbarunya yang ada di BSD Green Office Park resmi diperkenalkan pada tanggal 2 februari lalu, pemilihan kawasan BSD untuk dijadikan kampus coding Hacktiv8 dikarenakan lokasinya yang cukup strategis, multi-akses, dan lingkungan yang lebih hijau, mengingat kawasan BSD sendiri memang terkenal dengan taman dan pepohonan hijau yang membuat suasana kampus disini semakin adem dan nyaman.

Kampus Koding Hacktiv8
Salah satu Kelas di Kampus Hacktiv8 BSD

Kampus Hacktiv8 sebagai bootcamp coding ini juga dilengkapi kualitas kelas, kurikulum, dan pengajar berkaliber tinggi, yang tentunya diharapkan dapat mencetak 500 talenta IT baru siap kerja di tahun 2023 ini. Selain itu juga, kampus Hacktiv8 pun telah dilengkapi dengan infrastruktur teknologi dari Digital Hub BSD City, yang dicanangkan oleh Group CEO Sinar Mas Land, Pak Michael Widjaja untuk menjadi Silicon Valley versi Indonesia.

Telah terdaftar di CIRR (Council on Integrity in Results Reporting) dan Mempunyai fasilitas Hiring Placement, kampus Hacktiv8 berharap bahwa lulusan coding course dari kampus BSD dapat terserap dengan baik, terutama di perusahaan-perusahaan teknologi yang berlokasi di kawasan yang sama.

coding bootcamp
para narasumber

Dalam sesi peresmian launching kampus Hacktiv8 saat itu pun turut dihadiri oleh berbagai narasumber yang sekaligus sebagai pembicara di sesi diskusi, mereka diantaranya:

  1. -      Pak Riza Fahmi selaku Co Founder and Evangelist Hacktiv8
  2. -      Ibu Juventia Vicky Riana selaku President of Hacktiv8
  3. -      Pak Ronald Ishak selaku Founder & CEO Of Hacktiv8
  4. -      Pak Angga Aditya selaku Manager Ecosystem Acquisition & Partnership Sinar Mas Land
  5. -      Pak Reza Aulia Ardhi selaku Senior Manager Digital Banking Division PT Bank Rakyat Indonesia Tbk

Dalam sesi diskusi tersebut juga turut menghadirkan segenap media dan blogger termasuk diriku yang pada saat itu turut menyaksikan peresmian kampus Hacktiv8.

Dalam sambutannya Pak Ronald Ishak mengatakan: “Selama ini, satu dari lima peserta bootcamp Hacktiv8 berasal dari Tangerang dan sekitarnya. Karena itu, lokasi kampus baru BSD sengaja dipilih agar kami bisa lebih dekat dengan calon peserta dan sebagai upaya perusahaan untuk mencetak talenta IT yang berkualitas agar dapat memperkuat ekosistem digital di BSD. Kami melihat bahwa kebutuhan terhadap tenaga kerja IT sekarang tidak hanya terbatas pada perusahaan teknologi, tapi juga semakin banyak perusahaan konvensional dari berbagai sektor yang memulai proses digitalisasi, sehingga mereka membutuhkan upskilling secara masif bagi para karyawan”.

sekolah coding hacktiv8 BSD
Pak Ronald Ishak Sedang Menyampaikan Sambutannya

Menjawab kebutuhan talenta digital marketing, sejak tahun 2016 lalu Hacktiv8 dibangun, kampus Hacktiv8 telah melahirkan lebih dari 1600 lulusan talenta digital yang telah menempati berbagai posisi strategis dan taktis pada perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Hacktiv8 akan selalu berkomitmen untuk memberikan berbagai program pelatihan terbaik sehingga melahirkan lebih banyak lagi talenta digital yang siap kerja dengan perusahaan yang siap go digital bersama para lulusan terbaik kampus Hacktiv8.

Untuk tahap awal pembukaan, adapun program yang ditawarkan di kampus Hacktiv8 BSD adalah Bootcamp Full Stack Javascript dengan proses belajar full offline dari hari senin-jumat, pukul 09.00-18.00 WIB selama 16 minggu. Kabar baiknya buat para calon siswa Hacktiv8 yang mendaftar sekarang ini, Hacktiv8 menyediakan potongan harga early bird sebesar Rp.2 Juta.

coding bootcamp hacktiv8 BSD
coding bootcamp Hacktiv8 BSD

Hacktiv8 juga meluncurkan program “Women in Tech” kepada perempuan yang ingin belajar teknologi, calon peserta perempuan akan mendapatkan promo Women in Tech dengan potongan harga tambahan sebesar Rp.3 Juta. Jadi kapan lagi ya kan bisa mendapatkan potongan harga sebanyak itu, yuk yang perempuan nih, jangan mau kalah sama laki-laki. Kalian juga bisa kok belajar programming.

Selain ada promo, kampus Hacktiv8 juga menjadi coding bootcamp pertama di Indonesia yang memiliki sistem Income Share Agreement (ISA) atau Skema Bagi Hasil. Maksudnya adalah peserta bisa belajar telebih dahulu dengan membayar Deposit, dan mulai melakukan cicilan pelunasan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan. Tentunya dengan adanya sistem ini bisa membantu peserta yang memiliki keterbatasan ekonomi agar tetap bisa belajar mengasah skill coding demi mendapatkan pekerjaan yang baik.

Perlu diketahui bahwa alumni Hacktiv8 berasal dari latar belakang yang beragam, baik yang memiliki pengalaman di bidang IT maupun tidak. Bahkan ada yang dulunya berprofesi sebagai pengendara ojek online dan office boy (ob), dan setelah lulus di Hacktiv8 mereka akhirnya bisa merubah nasib dan karir menjadi lebih baik dan mendapatkan pekerjaan impian sebagai Programmer di perusahaan besar. Pokoknya siapapun yang niat dan gigih untuk belajar coding pasti akan berhasil dan menemukan kerja ke industri teknologi.

Belajar Coding Semakin Mudah di Kampus Koding Hacktiv8
Sesi Pengguntingan Pita Grand Launching Kampus Hacktiv8

Dalam laporan transparansi perusahaan, kampus Hacktiv8 mencatat sebanyak 91,5% lulusannya berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu kurang dari 90 hari, di posisi strategis seperti: Software Engineer (22,2%), Full-Stack Engineer (17,9%), dan Front-End Engineer (17,9%). Selain itu Hacktiv8 juga melihat adanya peningkatan upah para lulusan bootcamp yang lebih tinggi dari UMR rata-rata, dengan kenaikan sebesar 81%. Ini berarti gaji rata-rata yang diterima oleh lulusan Hacktiv8 adalah 10Juta/bulan.

Tak hanya di daerah Tangerang saja, pasalnya dalam beberapa tahun ke depan, sekolah coding Hacktiv8 juga berencana untuk melakukan ekspansi ke kota-kota lain di Indonesia, demi bisa memberikan kesempatan bagi generasi muda daerah untuk mengembangkan kemampuan digitalnya. Hacktiv8 juga akan terus mengeksplorasi program-program yang lain seperti bootcamp Data Science, Performance Marketing, dan Professional Development untuk menjawab kebutuhan industri dan minat para peserta didik.

Pokoknya para lulusan Hacktiv8 akan dibantu untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan hiring partner seperti: Tokopedia, Gojek, Bukalapak, Xendit, Midrans, KoinWorks, Loket, dan Axiata Digital. Adapun posisi yang bisa ditempati setelah lulus dalam bootcamp Data Science seperti: Data Scientist, Data Analyst, Data Architect, dan Machine Learning Engineer. Sedangkan untuk Bootcamp Full Stack JavaScript Immersive posisi yang bisa ditempati setelah lulus bisa menjadi Full Stack Developer, Software Engineer, Front-End Developer, dan Back-End Developer.

Belajar Coding Semakin Mudah di Kampus Koding Hacktiv8
Coding Bootcamp Hacktiv8

Alasan kamu harus belajar coding di Hacktiv8 diantaranya: Growth Mindset yang artinya setiap siswa dibekali untuk bisa berkembang dimanapun mereka berkarir, Hiring Partners dimana Hacktiv8 telah bekerja sama dengan 750+ perusahaan yang siap merekrut lulusan program bootcamp, dan Relevant Skill yang mana kurikulum dirancang dan selalu disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja.

Jadi tunggu apalagi kawan, segera daftarkan dirimu dan keluargamu yang ingin belajar data science dan ilmu coding di kampus Hacktiv8. Ilmu codingnya dapat, pekerjaan pun terjamin didapatkan setelah lulus. Kampusnya Hacktiv8 yang baru di BSD juga nyaman banget tempatnya, aku yang kemarin telah melihat secara langsung cukup terkagum dengan bangunannya yang begitu terlihat mewah serta bersih, lalu juga ada rooftop garden yang lumayan luas untuk bersantai.

Belajar Coding Semakin Mudah di Kampus Koding Hacktiv8
Aku di Ruangan Terbuka Kampus Hacktiv8 BSD

Belajar Coding Semakin Mudah di Kampus Koding Hacktiv8
Aku di salah satu ruangan Kampus Hacktiv8 BSD

Yuk belajar coding di coding bootcamp Kampus Hacktiv8! Bersama Hacktiv8 lebih maksimal wujudkan transformasi digital.

Oke sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.

Related Posts
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

12 comments

  1. Jadi pengen juga ikutan bootcamp si Hacktiv8 nih, biar bisa jadi programmer

    ReplyDelete
  2. Pernah sih ikutan kelas coding hacktiv8 secara online. Memang sih njlimet bagi yang masih awam. Tapi kalo ditekuni betul-betul, bukan tidak mungkin bakalan jadi seorang yang ahli bukan?! Very nice sharing 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh udh pernah ikutan tohh ternyata. Iyaa klo pemula, mungkin kudu belajar lebih serius. Asal tekun dan niat pasti bisa sih. Makasih mas sudah berkunjung.

      Delete
  3. ini cara ikutan kelas coding hacktiv8 gimana ya kak caranya ? kalau boleh tau harus kontak ke siapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di gambar yg ada dalam artikel diatas sudah tertera kontak yang bisa dihubungi, ada nomor dan email Hacktiv8 hehe.

      Delete
  4. Tertarik buat belajar front end Web developer. Bagus nih ada bootcamp khusus gini, bisa naikin skill, koneksi, sama dapetin project website. Mantep mal. Sering2 share info brand baru yang buka program bootcamp atau sekolah koding gini ya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo tertarik lngsung join aja kak di kampus hacktiv8. Kita belajar dan sah lagi kemampuan kodingnya bareng² hehehe.

      Delete
  5. Skrng udh serba mudah ya. Mau belajar it gk perlu bingung, tinggal ikut kelas ini aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt kak. Era digital seperti ini skill it termasuk koding rmg penting dan buat belajarnya juga udh tersedia salah satunya di kampus Hacktiv8

      Delete
  6. Jaman makin canggih.. Jurusan di kampus juga mulai unik unik mengikuti perkembangan jaman.. Ditambah penggunaan teknologi yg semakin erat dengan aktivitas manusia sampai sampai dibuatkan AI untuk membantu pekerjaan manusia.. Dengan ikut belajar di kampus hacktiv8 ini diharapkan mampu menciptakan generasi baru yang mahir di bidang IT dan memberikan kemajuan bagi perkembangan teknologi di Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mas.. aktivitas manusia ga bisa lepas dri yg namanya teknologi buat mempermudah. Dripada kita cuma bisa menikmati kenapa gak sekalian jadi pencipta teknologi baru kan.

      Delete
Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih