Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Blogger Crony 
Konten GaptekAku Bangga Jadi Anak Indonesia! Begitulah kira-kira ucapan yang pantas  kita lafalkan dan masukkan ke dalam sanubari. Mengapa demikian?, sebab Indonesia adalah Negara yang kaya akan segalanya. Kekayaan Indonesia begitu berlimpah ruah mulai dari alam hingga budayanya. Indonesia memang kaya akan kebudayaan, dimana setiap budayanya masing-masing memiliki produk kerajinan yang berkualitas dan telah diakui oleh Internasional.

Memang anak bangsa Indonesia ini terlahir cerdas dan memiliki kreativitas yang tinggi, termasuk dalam bidang kerajinan. Tangan-tangan anak Indonesia yang tidak pernah ada kehabisan ide dalam menciptakan produk kerajinan. Terbukti Produk kerajinan Indonesia yang sudah banyak di ekspor ke berbagai belahan Negara di dunia, menunjukkan bahwa Indonesia memiliki sesuatu hal yang spesial yang tidak dimiliki oleh Negara lain. Tercatat pada tahun 2018 jumlah produk kerajinan nasional yang di ekspor telah menghasilkan nominal yang fantastis yakni sebesar 1.2 juta dollar AS bagi Devisa Indonesia.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Data Ekspor Kerajinan Indonesia Mengalami Peningkatan (Dok. Prbadi)
Kerajinan Indonesia ini adalah aset negeri yang tidak boleh ditinggalkan apalagi sampai punah dari proses produksi. Sebab kerajinan Indonesia juga menjadi daya tarik bagi Industri pariwisata, maka dari itu kita sebagai bangsa Indonesia khususnya para generasi muda yang akan menjadi penerus bangsa harus menjaga dan mempertahankan budaya dan produk kerajinan yang sudah melekat sebagai jati diri Indonesia.

Produk kerajinan Indonesia juga menjadi selangkah modal bagi Negara Indonesia untuk menerobos kesuksesan di kancah pasar internasional. Produk kerajinan/kriya Indonesia sudah banyak sekali yang mampu bersaing di pasar Internasional dan telah diakui keberkualitasannya. Diantara produk tersebut yaitu: Kain Tapis Lampung, Ulos Sumatera Utara, Mebel Kayu Jepara, bahkan sampai perhiasan mutiara Lombok. Itulah produk kriya/kerajinan tangan yang telah dikenal luas hingga ke Internasional.

Temu Netizen Kriya Nusa 2019


Berbicara masalah kerajinan tangan/kriya, kemarin tepatnya pada tanggal 9 September 2019 Aku baru saja menghadiri sebuah pertemuan netizen dalam rangka menyambut dan memberitahukan masyarakat luas bahwa akan ada pameran seni kriya 2019. Pada saat itu pertemuan acara digelar di sebuah restoran Kembang Goela Jakarta, acara tersebut tak hanya dihadiri oleh para blogger saja, melainkan ada sebagian dari pecinta seni dan kerajinan yang turut meramaikan pada keseruan acara saat itu.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
MC Sedang bertanya kepada netizen yang hadir (Dok. pribadi)
Sebelum acara dimulai kami semua mendengarkan lantunan musik dan lagu, Hawa dingin di dalam ruangan makin terasa, padahal aku sudah mengenakan pakaian berlapis dan cukup tebal, namun tetap membuat badanku menggigil. Sesaat kemudian MC naik ke panggung depan dan menyambut kami para netizen yang hadir. Sambil menunggu ke-4 narasumber hadir MC bertanya-tanya kepada segenap yang hadir.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Bapak Widodo Muktiyo Sedang Menyampaikan Kata Sambutan (Dok. Pribadi)
Sampai pada akhirnya tiba sekitar pukul 10.30 Acara pun dimulai, dimana ke-4 narasumber juga telah hadir dan menduduki singgasananya. Sebelumnya acara diawali dengan MC mengajak semua peserta untuk berdiri dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Setelah itu barulah acara dimulai, pembicara pertama ada Bapak Widodo Muktiyo selaku Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Kemkominfo, beliau dalam sambutannya mengatakan turut senang karena ada pameran kriya nusa, apalagi sekarang ini era nya teknologi, mari kita promosikan pameran kriya nusa 2019 ini dengan memanfaatkan peralatan digital seperti membagikannya ke media sosial agar lebih banyak lagi orang yang mengetahui pameran kerajinan tersebut.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
MC Bersama Ke-3 Narasumber Lainnya (Dok. Pribadi)


Selanjutnya juga ada Ibu Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekenomian dan Kemaritiman Kemkominfo RI, Ibu Triana Rudiantara selaku Ketua Bidang Humas Promos, dan Publikasi Kriya Nusa, dan yang terakhir ada Ibu Euis Saedah selaku Sekjen Dekranas.
“Kemajuan teknologi membuat apapun menjadi lebih mudah, termasuk dalam hal mempromosikan produk. Kita bisa menggunakan e-commerce untuk menjual produk kriya, mengingat tingkat penjualan online semakin hari terus mengalami lonjakan. Penghasilan yang didapatkan pun bisa menaikkan roda perekonomian di Indonesia. Senangnya lagi melalui e-commerce kita bisa mempromosikan produk kriya Indonesia ke belahan dunia, tanpa harus membuka cabang toko”. Tutur Ibu Septriana.
Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Ibu Septriana Menunjukkan Produk Kerajinan yang Ia Miliki (Dok. Pribadi)
Dalam acara tersebut juga banyak peserta yang mengenakan pakaian dari produk kerajinan Indonesia, dan mereka kemudian mempresentasikan tentang produk kerajinan yang ada pada busana mereka.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Netizen Mempresentasikan Produk Kerajinan pada Busana yang Dikenakan (Dok. pribadi) 


Pameran Kriya Nusa 2019


Ada kabar gembira untuk Kamu penggiat kerajinan/kriya, karena di tahun ini Dewan Kerajinan Nasional (DeKraNas) kembali menggelar Pameran Kriya Nusa 2019yang berlangsung di Balai Kartini Jakarta, mulai dari tanggal 11-15 September 2019. Untuk tahun ini tema yang diangkat adalah “Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas & Kewirausahaan”. Pameran yang didalamnya menyuguhkan banyak sekali budaya dan kerajinan dari berbagai wilayah di Nusantara, patut sekali Kamu singgahi untuk menambah kecintaanmu terhadap produk nasional dan sekaligus memotivasi untuk bisa membuat produk kerajinan yang bernilai jual. Pameran Kriya Nusa 2019 ini juga bertujuan untuk mensupport para UMKM dan mempromosikan produk hasil kerajinan yang ada di berbagai wilayah di Indonesia guna meningkatkan target pasar produk kerajinan daerah.

Pada pameran tersebut juga tersedia booth dan stand yang menyediakan aneka ragam kerajinan produk lokal unggulan yang terbuat dari bahan tradisional. Seperti anyaman, songket, kain tenun, sepatu, topi, dll. tak hanya itu disana juga diadakan workshop dan fashion show yang dibawakan dengan menggunakan atribut yang terbuat dari hasil kerajinan kriya.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Produk Kerajinan di Pameran Kriya Nusa 2019 (Image by:  Mba Yayat)

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Produk Kerajinan di Pameran Kriya Nusa 2019 (Image by: Mba Yayat)
Banyak stand sekitar total 26 stand (Kementerian & BUMN, Dekranasda, Individu, Mitra, Asosiasi) didalamnya yang turut meramaikan Pameran Kriya Nusa 2019 ini. Pada stand tersebut Kamu dapat belanja produk kerajinan dari berbagai ketegori seperti: Tekstil, keramik, serat alam, logam, kayu, batu-batuan, bahan baku alam (olahan), dan lukisan.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Produk Kerajinan di Pameran Kriya Nusa 2019 (Image by: Mba Yayat)
Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Produk Kerajinan di Pameran Kriya Nusa 2019 (Image by: Anazkia)
Stand yang menjual produk kriya adalah dari pengrajinnya langsung dan juga ada Dekranasda yang telah memberikan fasilitas untuk pengrajin di setiap daerahnya masing-masing, jadi Kamu akan mendapatkan harga yang spesial dan murmer jika membeli produk kerajinan di pameran Kriya Nusa 2019.

Yaudah daripada penasaran mendingan yuk langsung melipir ke Balai Kartini sekarang juga. Awas kalo kesana, takutnya khilaf dan bakal belanja-belanja deh. Soalnya produknya bagus-bagus dan berkualitas loh, aku aja mupeng banget.

Kriya Nusa 2019: Indonesia Kaya akan Budaya dan Kerajinan
Ke Kriya Nusa 2019 Tiket Masuknya Gratis (Image by: Anazkia)
Dan satu hal lagi nih, tiket masuk ke #KriyaNusa2019 free alias gratis loh. Wah makin semangat nih dateng, ajak sanak family juga kesana biar rame hehe. oke sampai ketemu di Balai Kartini yaa.

Yaudah sekian dulu ulasan kali ini, Happy Enjoy! Happy Shopping!
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih