Lindungi Data Penting di Smartphone Menggunakan USB OTG SanDisk

Lindungi Data Penting di Smartphone Menggunakan USB OTG SanDisk

Lindungi Data Penting di Smartphone Menggunakan USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk (Image Source: arinamabruroh)
Konten GaptekSmartphone bukanlah sebuah benda yang asing di tangan manusia, hampir seluruh umat manusia menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitasnya. Di Indonesia sendiri kira-kira sebanyak 73 Juta masyarakat Indonesia sudah menggunakan smartphone, hal ini menyebabkan Indonesia menduduki peringkat ke-6 dunia dengan pengguna smartphone terbanyak. Smartphone sudah menjadi barang wajib yang tidak boleh ketinggalan dibawa kemana saja ketika pergi. Bahkan anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar saja sudah diberikan smartphone oleh orang tuanya, sebab tuntutan zaman dimana semuanya serba digital/online.

Tren dalam aktivitas digital makin liar, Seperti mau kursus atau bimbel, sekarang sudah bisa melalui online, mau belanja sudah bisa online, mau pesan ojek sudah bisa online. Apapun dengan mudahnya bisa dilakukan melalui online/digital. Sungguh beruntung sekali bukan hidup di zaman yang semuanya serba teknologi ini, apapun dapat dilakukan dengan mudahnya termasuk untuk mengabadikan sebuah momen spesial. Sekarang siapapun bisa menggunakan kamera untuk mengambil gambar/video guna mengabadikan momen indah yang dilalui agar dikemudian hari bisa untuk dilihat dan dikenang kembali.

Bahkan sekarang pun di smartphone sudah ada kamera yang memiliki spesifikasi canggih dan kualitas kameranya tidak kalah dengan kamera DSLR. Jadi tak perlu repot lagi menggunakan kamera, mengingat harga kemera yang lumayan menguras saku. Berbeda dengan smartphone yang memiliki paket super komplit yang didalamnya sudah tersedia kamera, internet, musik, dll. Pantas saja sekarang masing-masing Brand smartphone bersaing dalam mengeluarkan produk terbaru dengan spesifikasi gaharnya.

Tak heran lebih banyak masyarakat yang mengandalkan smartphone untuk menyimpan data mulai dari foto, video, musik, hingga dokumen penting dan macam-macam data lainnya. Kendati demikian, bukan berarti smartphone bisa menampung ribuan data yang disimpan. Pasalnya smartphone memiliki memori internal yang terbatas mulai dari smartphone kelas kebawah dengan penyimpanan internal 8GB hingga kelas keatas yang memiliki penyimpanan internal mencapai 128GB. Meskipun terlihat besar, tanpa disadari lama-kelamaan memori internal tersebut akan terus berkurang. Apalagi bagi yang sering menyimpan file dan data dengan size yang besar. sudah pasti memori sebesar itupun masih belum cukup untuk menyimpan data pada smartphone.

Akhirnya saat memori smartphone sudah penuh, Kamu tidak bisa lagi menggunakan fungsi yang ada di smartphone seperti mengambil foto/video dan menyimpan file/data. Setelah hal itu terjadi, alhasil yang dilakukan oleh pengguna smartphone adalah menghapus data yang ada agar memori smartphone kembali kosong. Padahal kan kalo #DibuangSayang banget loh, apalagi kalau data tersebut itu penting.

Berbagai momen spesial yang sudah diabadikan harus sirna dihilangkan, pasti hati ini berat sekali untuk menghapusnya. Terkadang juga karena memori smartphone sudah kepenuhan kapasitasnya, secara tak sengaja tiba-tiba data yang ada di smartphone hilang dengan sendirinya. Disitulah hal yang paling menyebalkan, Kamu tidak menghapus data, tapi tahu-tahu data tersebut hilang. Bagaimana tidak kesal bukan jika kehilangan data seperti kejadian tersebut.

Pernah juga sebuah data yang tadinya bisa terbuka seperti dokumen misalnya, tahu-tahu di kemudian hari sudah tidak bisa terbuka lagi. Anehnya padahal data tersebut tidak hilang, namun hanya tidak bisa dibuka saja. Nah itulah yang dinamakan kerusakan data / Corrupt File Data. Hal ini juga menjengkelkan menurutku.

Sebuah perusahaan inovasi teknologi Western Digital Corp belakangan ini membuat studi terbarunya terkait kebiasaan pengelolaan data seluler masyarakat Indonesia yang berjudul “Indonesian Consumer Mobile Habit and Data Management Survey”. Studi ini melibatkan sebanyak 1.120 responden yang berasal dari 6 kota besar di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Medan, dan Makassar). Hasil dari studi adalah menunjukkan bahwa kehilangan data merupakan salah satu permasalahan utama yang dihadapi oleh pengguna smartphone.

Dari hasil survey tersebut sebanyak 67% orang Indonesia pernah kehilangan data di smartphone mereka, dan berujung kepada perasaan kesal dan jengkel. Bener banget itu yang dialami diriku sendiri saat kehilangan data. Sebanyak itu loh yang pernah kehilangan data, dari 1.120 responden sebanyak 80% nya yang telah menyadari pentingnya melakukan back-up data. Namun hanya sepertiga dari mereka yang selalu melakukan backup data secara rutin selama sebulan sekali.

Akupun pernah mengalami dimana saat aku sedang melakukan traveling dan kemudian mengambil foto menggunakan smartphone di tempat wisata. Nah, setelah sampai dirumah niatnya mau melihat foto yang telah diambil, tapi ternyata malah tidak ada file foto tersebut di smartphoneku alias hilang dengan sendirinya. Sungguh sedih sekali rasanya, sudah lelah menjepret gambar sana-sini tapi hasil datanya malah hilang.

Pernah juga pengalaman pribadiku saat menyimpan data penting seperti dokumen PPT untuk persentasi, kebetulan saat itu aku menyimpannya di smartphone dan belum membackup-nya. Eh sewaktu dihari H ingin melakukan persentasi malah file data tersebut mendadak tidak bisa dibuka. Entah mengapa bisa begitu, sepertinya ada file yang corrupt/rusak. Dengan terpaksa dan berat hati akhirnya akupun harus membuat PPT dari awal lagi.

Kejadian tersebut itulah yang namanya kehilangan/kerusakan data pada smartphone, untuk mengantisipasi dan mencegah agar tidak terjadi kehilangan maupun kerusakan data maka bisa dengan melakukan backup data. Melakukan backup data masih jarang sekali yang melakukannya, dikarenakan masih belum mengetahui cara untuk backup data. Padahal jika tidak segera dibackup maka risiko kehilangan/kerusakan data bisa saja terjadi kapanpun.


Pasti tidak ada yang ingin kejadian seperti kehilangan/kerusakan data menimpa dirinya, maka dari itu segeralah amankan data yang ada di smartphonemu dengan membackupnya. Backup data ini seolah-olah Kamu memiliki data cadangan/duplikatnya, jadi jika sewaktu-waktu data yang satu hilang/rusak, maka masih ada duplikat atau salinannya. Jika tidak dibackup, data yang hilang/rusak sudah harus ikhlas untuk hilang selamanya. Inilah pentingnya melakukan backup data, agar kekhawatiran seperti terjadi kehilangan ataupun kerusakan data tidak lagi menyelimuti di benakmu.

BackUp Data? USB OTG SanDisk Solusinya


Lindungi Data Penting di Smartphone Menggunakan USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk (Image Source: arinamabruroh)
Tapi tenang aja, sekarang udah enggak perlu khawatir kehilangan data di smartphone sebab Untuk mengatasi dan melakukan BackUp data sekarang sudah bisa menggunakan SanDisk Dual USB OTG (On The Go) untuk solusi lengkap masalah penyimpanan pada smartphonemu yang mampu membackup data dengan cepat dan mudah, produk OTG yang diluncurkan oleh SanDisk ini adalah solusi untuk mengatasi masalah kehilangan data dari perusahaan yang menaunginya (SanDisk) yaitu Western Digital Corp.

SanDisk ini adalah brand terbaik dan terdepan untuk penyimpanan mobile termasuk dalam hal backup data. Selama ini masyarakat malas untuk melakukan backup data mungkin dikarenakan proses backup / pencadangan data yang rumit dan memakan waktu lama. Nah, USB OTG SanDisk bisa dijadikan solusi tepat dan terbaik untuk membackup data penting pada smartphone dengan proses yang mudah dan cepat.

Sambungkan USB OTG SanDisk pada Smartphone  (Image Source: arinamabruroh)
Cara melakukan backup data nya pun begitu mudah, cukup dengan menyambungkan smartphone pada USB OTG SanDisk Dual Drive (untuk pengguna Android) atau iXpand Flash Drive (untuk pengguna iphone). Setelah tersambung, pengguna langsung dapat membuat cadangan data / backup ke penyimpanan pada USB OTG SanDisk. Hal ini juga bisa diperuntukkan bagi yang ingin mengganti smartphone baru, dan ingin membackup datanya agar tidak hilang meskipun telah ganti smartphone.

Lindungi Data Penting di Smartphone Menggunakan USB OTG SanDisk
USB OTG SanDisk (Image Source: aldhifajar)
Kamu juga bisa membackup data dan memindahkannya ke komputer/pc maupun ke smartphone lain jika diperlukan. Caranya dengan menggunakan aplikasi mobile SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive, melalui aplikasi tersebut proses memindahkan data bisa lebih cepat dan tidak memakan waktu banyak. bahkan pengguna juga bisa mensetting agar aplikasi tersebut melakukan backup secara otomatis ketika USB OTG tersambung pada smartphone.

Aplikasi SanDisk Memory Zone dan iXpand Drive pun dapat membantu Kamu untuk membackup berbagai konten yang ada di media sosial seperti: foto dan video ke USB OTG SanDisk Dual Drive ataupun iXpand Flash Drive. Sehingga Kamu enggak ada lagi rasa takut kehilangan konten penting yang ada di media sosial.
Note: Pengguna smartphone juga dapat melakukan upgrade smartphone miliknya untuk menambah kapasitas penyimpanan memori dengan menggunakan Kartu Memori SanDisk Extreme MicroSD spesifikasi A2.
Aku jadi sadar selama ini kurang melakukan memperhatikan data penting di smartphone, jarang sekali aku melakukan backup data. Padahal kalo #DibuangSayang banget kan. Apalagi kalau sampai hilang dengan sendirinya.

Tapi sekarang aku jadi rajin backup data di smartphone, karena semuanya jadi lebih mudah dan cepat pakai USB OTG SanDisk. Kamu udah backup data yang ada di smartphone juga belum? Yuk segera backup agar tidak terjadi kehilangan data. #SanDiskAPAC adalah produk terbaik untuk solusi backup data di smartphonemu.


Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

8 comments

  1. Aku juga pengguna SanDisk, apalagi sering jalan2 ke luar daerah yang ga ada sinyal. Jadi foto2nya bisa dibackup ke OTG dulu baru diupload 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh mantap kan mba. Jadi ga khawatir kalo tiba-tiba foto di smartphone ilang atau terhapus.

      Selama udah di backup di otg sandisk, jadi aman deh..

      Delete
  2. praktis dan gampang dibawa pas lg traveling... tp hrs disimpan di tempat yang gampang diingat biar gk ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya simpel, kapanpun bisa dibawa.. Iya harus hati-hati soalnya USB OTG Sandisk kecil bentuknya.

      Delete
  3. Saya nih sangat mengandalkan smartphone untuk motret dan bikin video, karena alasan kepraktisan. Bersyukur sekarang ada USB OTG SanDisk sehingga masalah backup data bisa teratasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebanyakan orang lebih banyak mengabadikan momen dengan smartphone daripada kamera. Karena lebih praktis satu untuk semua.

      Iya enaknya USB OTG Sandisk bisa jaga-jaga dari kehilangan data.

      Delete
  4. sering kehabisan memory hp pas lagi acara blogger, tau2 ga bisa nyimpen, mau simpen ke google photos, kok abis2in paket data. Solusi banget nih SanDisk OTG nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok sama sih pengalamannya wkwk. Aku juga sering banget lagi event eh kehabisan memori. Jadi bingung sendiri ga bisa moto deh, tapi semenjak tau USB OTG Sandisk semuanya berubah hehe.

      Solusi banget emg, kecil-kecil cabe rawit.

      Delete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih