Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial

Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial

Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Konten GaptekInvestasi saat ini memang sangat digandrungi oleh kaum adam maupun hawa, khususnya para anak muda yang kini sudah banyak sekali diantara mereka menggeluti ranah bisnis investasi. Pasalnya memang investasi ini dapat menjadi bekal dan aset secara finansial di masa tua, jenis investasi sendiri ada banyak sekali, terlebih lagi sekarang ini kita berada di zaman serba digitalisasi, sehingga investasi pun sudah bisa dilakukan secara digital.

Kalau kamu ingin mencoba investasi, setidaknya ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tidak salah langkah dalam memilih jenis investasi yang akan diambil. Karena setiap investasi memiliki plus minus tersendiri, dan tentu saja modal yang dikeluarkan pun sangat beragam, ada yang membutuhkan miliaran rupiah, bahkan juga ada yang hanya puluhan ribu sudah bisa berinvestasi.

Pada ulasan kali ini aku akan sedikit membagikan apa aja sih jenis-jenis investasi yang menguntungkan bagi para kaum muda dan millenial yang patut dicoba. Oke berikut macam-macam jenis investasinya:

3 Macam Jenis Investasi


1. Investasi Properti


Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Investasi Properti (Image Source: koinworks.com)
Investasi yang sangat menjanjikan dalam jangka panjang yang patut Kamu coba ialah investasi properti. Meskipun jenis investasi ini tergolong membutuhkan modal yang tidak sedikit, tapi ini sebanding dengan apa yang akan diperoleh nantinya. Artinya apa? semakin besar Kamu berkorban, maka semakin besar pula hasil dari pengorbanan tersebut.

Kamu bisa memulai bisnis investasi properti dengan menentukan letak tempatnya, salah satu rekomendasi yakni di dekat tempat wisata, sebab apa? karena begitu ramainya traveler/wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata baik traveler lokal maupun asing, tentu saja yang mereka butuhkan adalah tempat penginapan didekat tempat wisata. Nah, Kamu bisa mencoba investasi properti ini dengan cara membuat sebuah penginapan yang ada di dekat dengan tempat wisata.

Apalagi di berbagai objek wisata yang sering dikunjungi oleh para traveler masih minim tempat penginapan misalnya di Pulau Seribu. Lokasi destinasi di pesisir pantai-pantai biasanya masih sedikit tempat penginapan, jadi ini sangat cocok untuk Kamu yang ingin mencoba investasi properti. mengapa penginapan begitu dibutuhkan? Seperti yang sudah disinggung pada paragraph awal, Karena tidak semua yang datang ke tempat wisata adalah dari penduduk lokal, melainkan penduduk mancanegara pun turut meramaikan yang pastinya mereka membutuhkan tempat untuk istirahat dan bernaung setelah melakukan perjalanan jauh dan berekreasi di lokasi destinasi.


Mengingat jumlah wisatawan tiap tahunnya terus mengalami pertumbuhan kenaikan yang cukup signifikan, tetapi penginapan masih saja terbatas. Disinilah peluang emas bagi Kamu para kaum muda yang ingin memulai bisnis investasi properti. Namun ada catatan yang perlu diperhatikan, jika investasi properti dengan membuat penginapan. Maka sebaiknya buatlah penginapan pada lokasi yang strategis dan mudah dijangkau untuk menuju destinasi wisata. Karena biasanya para wisatawan akan lebih suka memilih penginapan yang jaraknya berdekatan atau tidak terlalu jauh dari tempat wisata.

2. Investasi Kendaraan


Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Investasi Kendaraan (Image Source: finansialku.com)
Tak banyak yang mengetahui bahwa kendaraan pun bisa dijadikan alternative untuk berinvestasi jika Kamu belum memiliki modal yang cukup untuk investasi Properti. Investasi kendaraan juga tidak kalah menggiurkan untuk dicoba oleh millennial muda, Peluang Investasi jenis ini cocok untuk dilakukan pada tempat-tempat yang mana kendaraan sangat dibutuhkan, misalnya di dekat tempat objek wisata.  Cara mengelolanya adalah dari kendaraan yang Kamu miliki, Kamu bisa membuka jasa sewa kendaraan.

Jasa sewa kendaraan / rental kendaraan masih sering dicari oleh wisatawan yang datang karena tidak semuanya datang menggunakan kendaraan pribadi, tetapi masih banyak juga yang mau memakai angkutan / sewa kendaraan. Aku pun ketika sedang mengunjungi destinasi wisata, kerap kali menyewa kendaraan untuk berkeliling di destinasi wisata yang akan disinggahi. Karena jika menggunakan kendaraan akan lebih puas dan efisien waktu.

Kamu bisa tuh memanfaatkan peluang tersebut, lagipula Investasi jenis ini tak mengikat umur, baik kaum tua maupun muda sangat cocok menjalankan investasi kendaraan. Jadi buat para millenials, jangan takut mencoba ke ranah investasi kendaraan, karena kita tidak pernah tau hasil apa yang akan diperoleh nantinya.

3. Investasi Reksa Dana


Terakhir nih aku kasih tau buat Kamu para Milenial, investasi yang membutuhkan modal tidak begitu besar dan sudah tentu dapat dicoba olehmu yaitu Investasi Reksa Dana. Jenis investasi ini prosesnya ialah dengan menghimpun dana dari pemodal/investor dan kemudian dari dana tersebut akan diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Yang enak dari Investasi Reksa Dana adalah karena tidak perlu modal besar hingga puluhan, ratusan juta, atau sampai miliaran rupiah. Cukup dengan modal puluhan ribu saja Kamu sudah bisa memulai investasi reksa dana, tentu saja menggiurkan sekali bukan. Apalagi sistem dari investasi reksa dana dapat dilakukan secara online atau hanya melalui aplikasi saja. Kamu pun tak perlu repot-repot dalam mengelolanya, cukup bayar atau membeli jenis reksa dana (harganya hanya berkisar puluhan ribu), lalu manajer investasi yang akan mengelola investasi reksa dana yang Kamu punya.

Untuk jangka waktunya sendiri, investasi reksa dana punya jangka waktu yang beragam mulai dari setahun, 3-5 tahun, dan ada yang lebih dari 5 tahun. Tinggal tentukan saja sesuai kebutuhan dan tujuan investasimu.

Investasi Reksa Dana di Ajaib


Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Investasi Reksa Dana di Ajaib
Salah satu wadah yang dapat kamu coba untuk bisa memulai investasi reksa dana bisa melalui Ajaib. Ajaib tuh apaan sih? Ajaib itu adalah aplikasi investasi reksa dana online yang memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Sebagai langkah awal sebaiknya Kamu mendownload aplikasi Ajaib terlebih dahulu di smartphone untuk mempermudah dan membantu Kamu dalam menjalankan bisnis investasi reksa dana ini dengan memantau uang yang kamu investasikan kapanpun dan dimanapun dirimu berada. Nah keuntungan yang didapat apa aja sih dengan melakukan investasi di Ajaib? Jadi Ajaib memberikan saran paket investasi reksa dana terbaik dengan return yang baik dan risiko-nya pun lebih rendah.

Kemudahan juga sangat diprioritaskan oleh Ajaib untuk para investor. Cukup 1 klik lewat reksa dana, sudah dapat berinvestasi di berbagai perusahaan terbesar dan terkemuka di Indonesia. Seperti yang sudah aku katakan diatas, bahwa investasi reksa dana cukup membutuhkan modal yang sangat kecil. Begitupun dengan investasi reksa dana di Ajaib, yang hanya membutuhkan modal Rp. 10.000 sudah dapat melakukan investasi reksa dana terbaik, dan tanpa biaya tambahan.  Nantinya uang yang Kamu investasikan di Ajaib akan disimpan di bank kustodian terkemuka, dan setelah itu Kamu pun akan mendapatkan bukti kepemilikan reksa dana dari bank terkait.

Dari modal tersebut para manajer investasi lah yang mengelola modal investasi yang Kamu punya supaya dapat menghasilkan yang terbaik. Dan tenang saja, berinvestasi di Ajaib sudah dipastikan aman, sebab sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan KOMINFO. Jadi sudah terpercaya legal dan kebenarannya. Ajaib juga bermitra dengan macam-macam manajer investasi terbaik yang terpercaya.

Kamu pun bisa mendapatkan bantuan dan panduan serta rekomendasi dari para ahli dan konsultasi keuangan secara free alias gratis, Jadi walaupun Kamu pemula yang baru pertama kali ingin berinvestasi reksa dana akan dibimbing sampai mengerti. Kamu juga bisa mengetahui ilmu terkait investasi melalui sosial media Ajaib: Facebook: @ajaib.investasi, Instagram: @ajaib_investasi, dan twitter: @ajaib_investasi.  Nah begitu deh kiranya investasi reksadana di Ajaib. Ingin memulainya? Tak perlu menunggu lama, segera download aplikasi Ajaib di Playstore maupun Appstore dan buka akun investasi hanya melalui aplikasi tersebut tanpa memerlukan dokumen fisik. Mudah kan? Mudah dong pastinya di Ajaib mah.

Fyi, aku mau kasih tau nih kalau Ajaib lagi mengadakan #AjaibBlogCompetition dengan tema “Muda Berinvestasi”. Buat Kamu para blogger yang mengerti dan jago dalam bidang investasi, tidak ada salahnya Kamu mengikuti lomba blog tersebut. Hadiahnya juga gak tanggung-tanggung loh, ada hadiah utama berupa uang tunai dengan total sebesar Rp. 5.000.000, jadi jangan sampe enggak ikutan.

Sedari Muda Belajar Investasi, Masa Tua Bahagia Finansial
Blog Competition 
Yuk tuangkan ide dan unek-unek kreatif seputar investasi yang Kamu miliki. Jangan lupa juga yuk #MudaBerinvestasi belajar investasi sejak muda supaya di masa tua ada bekal finansial yang cukup untuk berbahagia, hehe.. Rekomendasi dariku untuk pemula yang ingin mencoba investasi sebaiknya mulai di ranah investasi reksadana. Meskipun modal minimalis tapi hasilnya bisa maximalis untuk mempersiapkan finansial di masa tua.


Oke sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat dan SEOmoga beruntung.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment