QR Code: Tren Pembayaran Baru di Era Digital yang Memudahkan Millenial

QR Code: Tren Pembayaran Baru di Era Digital yang Memudahkan Millenial

QR Code: Tren Pembayaran Baru di Era Digital yang Memudahkan Millenial
QR Code 

Konten Gaptek - Dewasa ini perkembangan teknologi digital sudah mulai merambah luas kemana-mana, termasuk dalam hal melakukan transaksi dan pembayaran. Untuk melakukan transaksi berupa pembayaran misalnya, kini sudah bisa dilakukan secara digital. Tentu saja tren jenis pembayaran digital ini semakin mempermudah khususnya para millenials yang ingin serba cepat. Pasalnya dengan melakukan pembayaran secara digital ini lebih mudah karena tidak harus menggunakan uang cash/tunai, sehingga tak perlu khawatir apabila tidak membawa uang tunai atau dompet tertinggal saat sedang bepergian.

Pada zaman yang serba digitalisasi ini, sepertinya tidak bawa uang cash lebih masih mending ketimbang tidak bawa smartphone. Sebab cukup dengan smartphone saja masyarakat kini sudah bisa melakukan beragam aktivitas, tak terkecuali dengan melakukan pembayaran transaksi. Apakah Kamu pernah mendengar alat pembayaran digital seperti: Ovo, Gopay, Dana, LinkAja, dan sejenisnya? Yapz kalau Kamu pernah mendengarnya itu adalah Dompet Digital yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran secara digital dengan menggunakan Teknologi QR Code. Nah yang menarik dari Dompet Digital ini adalah bentuknya tidak terlihat secara fisik, karena hanya berupa aplikasi yang ada di smartphone.


QR Code: Tren Pembayaran Baru di Era Digital yang Memudahkan Millenial
OVO (Image Source: swa.co.id)

Jadi untuk melakukan pembayaran digital menggunakan QR Code setidaknya Kamu harus memiliki salah satu dari aplikasi dompet digital tersebut, aku sendiri menggunakan Dompet Digital dari OVO. Meskipun teknologi pembayaran menggunakan QR Code ini masih terbilang baru di Indonesia, namun sudah banyak juga kok pebisnis dan pengusaha yang menerapkan pembayaran digital pakai QR Code. Coba kalau Kamu perhatikan saat mendatangi sebuah mall, pasti Kamu akan menjumpai papan bertuliskan OVO, Gopay, dll di setiap booth. Itu adalah strategi baru dari pebisnis, karena sekarang pebisnis pun sudah tidak mau ambil pusing dan ribet dalam melakukan pembayaran, jadi berbagai usaha dan bisnis telah menerapkan pembayaran menggunaan dompet digital sebagai metode bayar ala millenials yang mudah, simpel, dan cepat.

Sebab jikalau bayar menggunakan uang tunai, tentu saja terkadang membutuhkan uang kembalian. Misalnya harga produk yang dibeli sekian dan uang yang diberikan sekian, maka kembaliannya sekian. Nah itu artinya harus selalu sedia uang receh untuk kembalian bukan. Namun berbeda halnya dengan pembayaran secara digital, yang mana saldo bisa otomatis terpotong sesuai dengan nominal yang harus dibayar. Tanpa harus repot dengan uang kembalian.

Dan metode pembayaran teknologi QR Code ini bukan hanya diberlakukan di mall dan gedung saja loh, Bahkan Kamu juga bisa menemukan pembayaran digital di tempat lainnya seperti di pinggir jalan misalnya warteg pun sudah ada yang menggunakan QR Code sebagai metode pembayarannya.

Sebagai generasi millenials, Aku sudah menggunakan Dompet Digital OVO untuk berbagai transaksi pembayaran menggunakan QR Code. Aku pribadi sih sudah mengenal alat pembayaran digital OVO ini semenjak setahun yang lalu, dan aku sudah menggunakannya untuk melakukan aneka transaksi dan pembayaran secara digital seperti jajan, beli makanan, dll. Selain pembayarannya yang mudah, untuk melakukan pengisian saldo/topup saldo pun terbilang gampang sekali yakni bisa melalui merchant, m-banking, atm, dll. Kalo aku paling sering menggunakan yang m-banking sebab lebih cepat masuk saldonya hanya melalui perangkat seluler, tanpa harus aku melangkahkan kaki pergi ke merchant ataupun atm.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika membayar pakai QR Code dari dompet digital, salah satunya adalah bisa mendapatkan potongan harga dan cashback. Pasti pernah dong melihat promo-promo di mall dari berbagai jenis Dompet Digital misalnya cashback 50%, diskon 20% dan sebagainya. Nah itulah enaknya menggunakan dompet digital, sudah praktis ditambah lebih hemat pula. Makanya wajar saja jika pembayaran pakai QR Code dari Dompet Digital saat ini sangat digemari oleh masyarakat khususnya kaum millenials.

Cara menggunakan OVO untuk melakukan pembayaran menggunakan QR Code juga gampang banget cukup buka aplikasi OVO pada ponsel, lalu masuk ke menu scan, dan arahkan kamera smartphone ke QR Code untuk proses memindai. Nah setelah berhasil maka saldo akan otomatis berkurang deh, gimana mudah banget kan. Jadi QR Code ini memang solusi kebutuhan millenials yang serba praktis, sesuai dengan eranya digital jadi apapun dilakukan secara digital.

Sudah saatnya #majukanekonomiyuk, mari kita gunakan pembayaran digital dengan #pakaiQRstandar, dan rasakan kemudahan transaksi dan pembayaran hanya dalam genggaman smartphone. Siapa tau di masa depan dengan penerapan bayar secara digital ini dapat #gairahkanekonomi dan menyokong pertumbuhan masa depan ekonomi di Indonesia.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih