3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Oli Mesin

3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Oli Mesin

3 Hal Ini yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Oli Mesin
Image Source: mobil.co.id
Konten Gaptek - Minyak pelumas mesin atau yang terkenal dengan nama oli mesin memiliki banyak macam dan ragam. Pelumas mesin yang sesuai kebutuhan kendaraan dapat menambah atau mengawetkan usia pakai mesin. Nah, apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih oli mesin? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Sebelum itu, tahukah Kamu fungsi oli mesin? Selain menjadi bahan pelumas, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin dan penyekat. Oli memiliki kandungan lapisan-lapisan halus yang berperan untuk mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, dan mencegah goresan atau keausan.

Berikut 3 Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Oli


1. Pilihlah Jenis Kekentalan Oli Sesuai dengan Kondisi Medan Menyetir


Untuk mengetahui tingkat kekentalan oli, Kamu bisa memperhatikan notasi yang tertera di kaleng kemasan seperti misalnya 5W-30 atau 0W-20. Angka yang tertera sebelum huruf W tersebut menunjukkan tingkat kekentalan oli dan temperatur. Semakin rendah angka yang ada di samping W, menunjukkan bahwa oli tersebut dapat bekerja optimal meski berada di daerah bersuhu rendah. Dengan demikian, mesin mampu bekerja lebih efisien dan hemat bahan bakar.

Namun, saat Kamu berkendara di negara yang memiliki empat musim, pilihlah produk dengan spesifikasi oli yang lebih luas seperti 0W-40 yang dapat digunakan pada musim dingin dan musim panas. Di samping itu, gantilah oli secara berkala sesuai dengan jarak tempuh dan kondisi mesin supaya performanya terjaga lebih baik. Jadi, yang terbaik adalah memilih oli yang sesuai dengan kriteria mesin kendaraan yang Kamu miliki.

2. Perhatikan Kode Standar di Kemasannya, Untuk Menentukan Kualitas


Setiap minyak pelumas mesin memiliki peringkat menurut standar tertentu. Namun, jika Kamu tidak memiliki preferensi khusus, menggunakan oli rekomendasi dari produsen kendaraan sudahlah cukup.

Menurut standar API yang dikeluarkan oleh American Petroleum Institute, ada berbagai jenis oli yang dikategorikan menurut level performanya. Nah, untuk mesin berbahan bakar bensin, kategori yang digunakan diawali dengan kode S, dimulai dari SA, SB, SC hingga yang terkini adalah SN. Selain itu, untuk kendaraan bermesin diesel, CF-4 adalah grade tertinggi. Apabila Kamu menginginkan oli ramah lingkungan dan lebih hemat bahan bakar, di samping API, Kamu juga bisa menggunakan oli standar ILSAC. Terlebih, ILSAC GF-5 adalah kualitas tertinggi saat ini.

Mengenai standar selain API dan ILSAC, terdapat juga JASO atau Japanese Automotive Standards Organization yang mengkategorikan oli kendaraan diesel dengan kode DL-1 bagi kendaraan penumpang dan kode DH-1/2 bagi kendaraan yang lebih berat seperti bus atau truk.

3. Periksa Tanggal Kedaluwarsa dan Pilih Ukuran Oli Berdasarkan Kebutuhan


Karena minyak pelumas mesin mudah teroksidasi dan menyusut saat kemasannya dibuka, oleh karena itu penyimpanannya harus dalam keadaan tertutup rapat. Nah, di samping itu, Kamu juga bisa membeli ukuran yang sesuai kebutuhan saja. Terdapat ukuran yang cukup untuk sekali pakai seperti kemasan ukuran 4 L dan terdapat juga kemasan besar sampai 20 L yang dapat digunakan untuk beberapa kali pergantian oli. Yang perlu Kamu ingat adalah sisa oli yang tidak terpakai dapat terbuang sia-sia, terlebih jika penyimpanannya kurang baik.

Ketika ingin membeli oli berukuran besar, Kamu sangat perlu mempertimbangkan tanggal kedaluwarsa. Apabila tanggal kedaluwarsa masih panjang, Kamu boleh membeli oli berukuran besar. Akan tetapi, jika tidak ada tanggal kedaluwarsa yang tertera di kemasan produk, sebaiknya Kamu membeli ukuran yang kira-kira bisa habis dalam waktu dua tahun.

Nah, Kamu dapat membeli oli di situs mobil.co.id dengan jenis dan varian oli mesin yang beragam dan berkualitas.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment