YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex

YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex

Konten Gaptek – Merasa enggak sih kalo perkembangan dunia bisnis dan teknologi digital semakin meroket? contohnya saja dalam dunia bisnis e-commerce. Kini untuk membeli dan mengirim barang atau produk saja bisa dilakukan secara online, hanya melalui gadget dan tinggal klak klik jempol tiba-tiba sih Mas kurir udah sampai di depan rumah mengantarkan barang atau produk yang kita pesan.

Begitu mudahnya bukan di era digital seperti sekarang ini? Tentu saja dong. Kemudahan ini juga dirasakan bagi siapapun yang ingin mengirimkan barang kepada orang yang dicintai misalnya seperti keluarga, saudara, kekasih, dll. Apalagi jika yang jarak rumahnya berjauhan, maka jalan pintasnya adalah dengan menggunakan layanan logistik kurir/jasa kirim barang.

Saling mengirimkan hadiah baik itu produk pangan atau sandang via layanan jasa kirim barang juga bisa menjadi kesempatan untuk ajang berbagi kebahagiaan kepada sesama makhluk yang lebih membutuhkan. Seperti kegiatan yang telah dilakukan oleh Alfatrex saat Ramadhan 1440H kemarin ketika membagikan sembako untuk panti asuhan di 11 kota.

Kegiatan tersebut dilakukan Alfatrex dengan cara membeli paket sembako di gerai alfamart/alfamidi lalu didistribusikan guna berbagi kebahagiaan kepada anak-anak panti yang tersebar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Medan).
“hidup adalah bukan dari yang kita dapatkan, tapi dari apa yang kita berikan”
Nah Alfatrex ini lah salah satu jasa kirim barang yang menjadi favorit aku. Kenapa demikian? Dan apa itu Alfatrex?

Jadi kalau Kamu belum tau apa sih Alfatrex itu, maka aku mau kasih tau nih. Supaya kalo udah tau pasti Kamu bakal menggunakan layanan logistik antar barang dari Alfatrex.

Apa Itu Alfatrex?


YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex
Image Source: alfatrex.id

Alfatrex adalah anak dari perusahaan Alfamart group yang memberikan layanan jasa kirim paket via gerai merchant Alfamart dan Alfamidi. Dengan menggunakan layanan Alfatrex Kamu dapat melakukan pengiriman dan ambil paket di dropstore yang telah tersebar sebanyak 13.000 di seluruh Indonesia.

Kemudahan Berbagi Kebahagiaan dengan Layanan Alfatrex


YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex
Image Source: alfatrex.id
Pengalaman aku berbagi dengan mengirimkan barang menggunakan layanan logistik dari Alfatrex sungguh memuaskan. Aku sudah mencobanya sendiri melakukan pengiriman paket. Kamu udah tau belum caranya? Nah, jadi sebelum menggunakan layanan Alfatrex, langkah pertama kali yang harus Kamu persiapkan adalah aplikasi Alfatrex yang dapat didownload melalui smartphone masing-masing.

Jika sudah didownload, selanjutnya adalah melakukan registrasi di aplikasi Alfatrex atau melalui laman website alfatrex.id dengan klik daftar bisa menggunakan akun facebook ataupun gmail.

Setelah registrasi berhasil, tinggal login deh. Baru selanjutnya Kamu dapat melakukan pengiriman paket untuk berbagi kebahagiaan kepada sesama.

Setelah alat tempur aplikasinya sudah siap, kemudian aku pergi ke alfamart untuk membeli produk paket yang ingin dibagikan. Nah disinilah keistimewaan Alfatrex, dimana Kamu dapat berbelanja sekaligus mengirimkan paket langsung. Karena memang belanjanya langsung di gerai alfamart itu sendiri yang merupakan tempat melakukan logistik layanan Alfatrex.

Tetapi satu hal yang perlu Kamu ketahui meskipun langsung dapat dikirim, tetapi Kamu harus mempacking/mengemas paket itu sendiri.

Nah, setelah paket sudah siap dikemas. Langkah selanjutnya adalah buka kembali aplikasi Alfatrex di smartphonemu. Beginilah tampilan awal dari aplikasi Alfatrex.

YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex

Untuk mengirimkan barang Kamu tinggal klik “Kirim Sekarang”. Kemudian akan muncul jendela halaman baru yang isinya ada 2 pilihan:
  1. Store to Door: Untuk mengirimkan paket melalui toko alfamart menuju rumah. 
  2. Store to Store: Untuk mengirimkan paket dari toko alfamart menuju toko alfamart pula yang berbeda.
Sebenarnya ada 4 pilihan, akan tetapi yang dua lainnya khusus pelanggan premium Alfatrex.

Karena aku ingin langsung mengirimkan paket menuju rumah, maka aku pilih Store to Door. Lalu aku klik pilih alamat dan mengisi dengan data alamat lengkap rumahku (pengirim).

Begitupun dengan data alamat penerima harus diisi dengan lengkap, agar mempermudah kurir mengantarkan paket.

Setelah alamat pengirim dan penerima diisi. Terus langkah selanjutnya aku mengisi Data Paket untuk mengetahui biaya ongkos pengirimannya.

Pada bagian data paket ini harus dilengkapi dengan benar seperti berat, panjang, lebar, dan tinggi dari produk paket yang dikirimkan. Setelah diisi baru deh, kemudian akan muncul harga biaya ongkirnya.

Nah Alfatrex sendiri memiliki aneka jenis produk untuk mengirimkan paket diantaranya:
  1. SDS: Same Day Service (paket akan diantar menuju alamat data penerima kurang dari 15 jam)
  2. RGS: Reguler Service (produk pengiriman dengan harga terjangkau dan  jangkauan seluruh wilayah Indonesia)
  3. NDS: Next Day Service (paket akan diantar menuju alamat data penerima kurang dari 8 jam)
  4. ECS: Economy Service (produk untuk pengiriman paket dalam jumlah skala besar)
Kalo aku kemarin menggunakan produk RGS (Reguler Service), karena biayanya yang murah dan waktu pengiriman barangnya juga standar menurutku.
Biaya ongkir juga tergantung dengan seberapa berat paket yang dikirimkan, semakin berat Kilogramnya maka semakin besar biayanya.
Setelah semua nya selesai, maka akan muncul Kode Booking yang nanti aku tunjukkan ke kasir. Kamu juga bisa mencetak kode booking, untuk ditempel di paket yang akan dikirim. Seperti punyaku ini.

YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex

Selanjutnya aku menuju alfamart dan menunjukkan kode booking tadi, kemudian kasir akan memprosesnya. Setelah proses selesai lalu aku diberikan struk pembayaran yang didalamnya sekaligus terdapat nomor AWB (Air Way Bill) yang berguna untuk mentrack/mengetahui keberadaan paket yang dikirim.

Begitulah kemudahan berbagi kebahagiaan mengirim paket dengan layanan Alfatrex. Hasil dari Inovasi Alfamart yang begitu membantu pengiriman paket menjadi mudah, lebih cepat serta menghemat waktu.

YUK Kepoin Cara Asyik Kirim Paket Melalui Alfatrex
Paketku di Alfamart Sedang Diproses
Yuk sekarang giliran Kamu nih mulai berbagi kebahagiaan, jangan lupa pakai layanan Alfatrex yaa. J
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment