Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat
Millenial Cerdas Pilih Pangan Sehat (Dok. Pribadi)

Konten GaptekPangan adalah kebutuhan pokok manusia yang menjadi konsumsi setiap harinya, makin kesini pun sudah banyak sekali beragam jenis pangan yang bisa diperoleh oleh masyarakat. Apalagi sekarang zamannya teknologi yang mana siapapun bisa dengan mudahnya mendapatkan pangan cepat saji hanya dengan melalui gadget, alias pesan makanan / minuman secara online. Namun akibat kemudahan ini, banyak pula oknum nakal yang akhirnya muncul dengan meracik makanan yang berbahaya, oleh karenanya perlu diketahui terlebih dahulu legalitasnya apakah pangan yang di pesan melalui online tersebut aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi.

Bukan hanya makanan, sekarang juga obat-obatan bisa didapatkan secara lebih mudah tanpa repot melalui online. Tetapi tentu saja tak pernah diketahui bukan apakah obatan tersebut aman atau tidak? Alih-alih ingin mengobati tubuh supaya sembuh, malah justru menimbulkan penyakit baru.

Sekarang ini banyak sekali makanan ataupun obat-obatan yang tidak sehat bertebaran di dunia offline maupun online, jika tidak teliti bisa jadi Kamu menjadi salah satu korban dari orang yang mengonsumsi makanan/obat tidak menyehatkan tersebut. Dan apabila sudah terlalu keseringan perut mengandung makanan yang tidak sehat, maka yang terjadi adalah tubuh akan terkena penyakit berbahaya seperti: muntah, diare, obesitas, hipertensi, diabetes, stroke, bahkan bisa saja sampai keracunan yang menyebabkan kematian. Tentu saja hal tersebut tidak ingin terjadi pada dirimu bukan, nah makanya mulai sekarang harus lebih bijak dalam memilah dan memilih makanan.

Terus bagaimana caranya supaya bisa tahu kalau makanan tersebut aman dan layak untuk dikonsumsi? Dalam acara ngobrol asyik milenial bersama BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) dengan tema Makan Sehat Ala Generasi Cerdas semuanya terkait pangan aman dan sehat terjawab. Yapz dalam acara tersebut pembahasan berfokus kepada makanan sehat dan keamanan makanan, yang memang sekaligus sebagai memperingati hari pangan sedunia yang jatuh pada 16 Oktober lalu #BPOMWorldFoodDay2019. Pada acara ngobrol tersebut juga turut dihadiri oleh Ibu Penny K. Lukito, MCP selaku Kepala Badan POM, Proff. Dr. Purwiyatno Hariyadi selaku Dosen besar teknologi pangan yang menekuni bidang Food Process and Engineering Laboratory di IPB.

Tak ketinggalan pun dalam acara tersebut turut dimeriahkan oleh segilintir anak-anak SMA/SMK yang berasal dari berbagai sekolah yang ada di Jakarta. Acara diawali dengan senam bersama para seluruh undangan yang hadir yang terdiri dari para anak sekolah dan blogger. Kemudian dilanjutkan oleh penampilan yel-yel dari anak-anak SMA dan SMK, dan selanjutnya barulah dilanjut dengan sesi talkshow dengan membahas seputar makanan dan obat-obatan sehat.

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat
Ibu Penny sedang Menyampaikan Pemaparannya (Dok. Pribadi)
Pembicara pertama dimulai oleh Ibu Penny, dalam pemaparannya beliau mengatakan sekarang masyarakat harus cerdas dalam memilih makanan, khususnya generasi millenial. Sebab kalian adalah penerus bangsa, bagaimana negeri ini akan maju jika millenial sekarang tidak memiliki kesehatan yang cukup optimal.

Semakin mudahnya masyarakat mendapatkan makanan dengan adanya pesan makanan online, terlebih lagi adanya dompet digital yang menawarkan beragam promo menarik seperti cashback, potongan harga, dll membuat masyarakat jadi lebih gemar menghamburkan uang untuk jajan dimana saja. Kalau kata Mas Kemal Muchtar yang saat itu menjadi MC: Jangan hanya sekadar mengincar murahnya saja, tapi incar juga keamanan, kesehatan, dan mutu dari makanan tersebut.

Beliau ibu Penny juga mengatakan bahwa berpikir kritis itu perlu, seperti dengan mencari tahu tentang produk makanan ataupun obat yang diperoleh. Salah satu untuk mengetahui suatu produk bisa dikatakan aman dan sehat untuk dikonsumsi adalah dengan mengecek apakah produk tersebut sudah ada dan terdaftar pada BPOM. Seperti yang kita tahu bahwa BPOM adalah yang menjamin obat maupun makanan yang beredar memenuhi standard dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat, dan mutu kualitas produk. Jadi jikalau sudah terdaftar di BPOM, bisa dipastikan bahwa makanan atau obat tersebut aman untuk dikonsumsi.

Upaya yang bisa dilakukan masyarakat untuk memastikan pangan dan obat yang sehat bisa melalui perantara aplikasi pihak ke-3 yang bernama “Cek KLIK”. Pada aplikasi tersebut masyarakat dapat mengetahui informasi terkait produk obat dan makanan mulai dari kemasan, label, izin edar, dan masa kedaluwarsa. Untuk mendapatkan aplikasi Cek KLIK bisa didownload melalui perangkat smartphone, sudah tersedia di playstore bagi pengguna android, aplikasi Cek Klik di android bernama Cek BPOM. Jadi langsung aja buruan di install, ukuran aplikasinya ringan hanya 5MB, namun memiliki segudang manfaat yang tersimpan dalam aplikasi tersebut.

Sementara itu Pak Purwiyatno memberikan saran kepada seluruh hadirin terutama millenial agar selalu mengonsumsi makanan menyehatkan layaknya buah-buahan dan sayur-sayuran guna sebagai sumber vitamin untuk tubuh. Disini peranan ibu rumah tangga sangat penting dalam mewujudkan pangan aman yang sehat, seorang ibu bisa menyajikan makanan sehat setiap harinya kepada keluarganya dengan cara membeli bahan pangan yang segar, cermat dalam membeli pangan olahan, memastikan peralatan mengolah makanan bersih dan higenis, dan serta yang terakhir barulah mengolah makanan untuk dibuat makanan sehat nan lezat bagi keluarga. Dan satu hal lagi langkah yang sangat ringan untuk kesehatan, usahakan mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun sebelum menyantap makanan, karena banyak sekali kuman maupun bakteri pada tangan yang bisa mengkontaminasi makanan.

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat
Pemenang yel-yel Dari SMA/SMK (Dok. Pribadi)

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat
Peserta yang Berhasil Menjawab Pertanyaan (Dok. Pribadi)
Setelah ke-2 narasumber memberikan pemaparannya, dilanjut dengan pengumuman pemenang yel-yel dari anak SMA/SMK yang telah menampilkan aksinya di awal acara tadi. Lalu dilanjut dengan sesi Tanya jawab kepada peserta yang hadir. Bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber, mereka berkesempatan memenangkan 1 unit sepeda, dan hadiah menarik lainnya. dan ditengah-tengah itu Ibu Penny dikejutkan dengan perayaan hari ulang tahunnya, para hadirin pun turut menyanyikan dan mengucapkan selamat ulang tahun teruntuk Ibu Penny.

Millenial Cerdas Harus Mengonsumsi Pangan yang Sehat
Ibu Penny Ulang Tahun (Dok. pribadi)
Sedikit informasi tambahan nih, sebagai wujud kepedulian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat dalam hal keamanan dan kelayakan pangan, badan POM bekerja sama dengan Asosiasi E-commerce (idEA) dan beberapa marketplace di Indonesia seperti: Grab, Gojek, Halodoc, Klik Dokter, dan Bukalapak. Kerja sama ini dilakukan karena masih banyaknya produk obat dan makanan yang belum memenuhi standar keamanan dan mutu yang dijual di media online dari hasil pengawasan badan POM melalui tim cyber patrol.

BPOM pun turut menggandeng Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) yang bertujuan agar masyarakat jangan terlalu mudah terpancing atas berita yang beredar dan didapatkan melalui internet. Sebab sekarang ini banyak sekali hoax yang bertebaran terkait makanan dan obat yang sehat maupun tidak sehat. Cek dan periksa serta teliti terlebih dahulu apakah benar berita tersebut, jikalau ingin mudahnya ya bisa menggunakan aplikasi Cek KLIK.

Selain itu Badan POM juga mengupayakan dengan membuat terobosan baru yakni pemanfaaatan teknologi informasi melalui penerapan 2D Barcode. Mengingat di era yang serba digital seperti sekarang ini, sistem 2D Barcode memberikan manfaat bagi masyarakat terkait kemudahan mengakses informasi legalitas produk. Sedangkan dari sisi pelaku usaha, sistem 2D Barcode dapat menghindarkan terjadinya pemalsuan/diversi. Scan barcode tersebut bisa dilakukan secara mudahnya melalui aplikasi BPOM versi Mobile.

Jadi sudah banyak sekali bukan akses untuk mendapatkan informasi makanan sehat berkat kecanggihan teknologi, Kamu juga bisa kepoin dari website dan sosial media BPOM untuk mendapatkan update terbaru perihal pangan dan obat-obatan yang aman, bermutu, dan bergizi.
Website & Sosial Media BPOM:
  • Website: www.pom.go.id  
  • Instagram: @bpom_ri
  • Twitter: @bpom_ri
  • Facebook: @bpom.official
  • Number Halo BPOM: 1500533
Nah begitulah ulasan kali ini tentang pangan aman sehat, mulai sekarang yuk sadar dan cintai tubuh dengan lebih berhati-hati dalam memilih aneka jenis makanan yang akan dikonsumsi. Tubuh sehat dimulai dari makanan sehat. Sekian SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment