Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis

Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis

Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Konten GaptekKemajuan teknologi turut membantu segala aktivitas manusia, mulai dari untuk mengetahui informasi hingga berbagai aktivitas lainnya sekarang bisa diakses dengan mudahnya melalui perangkat digital seperti smartphone/pc. Beragam informasi sudah bisa didapatkan hanya melalui internet, termasuk dalam hal mencari ilmu. Kalau dahulu belajar hanya bisa dengan bertatap muka / bertemu guru secara langsung, akan tetapi teknologi telah merubah semuanya. Karena sekarang belajar pun sudah bisa dilakukan secara online melalui internet.

Sudah banyak sekali situs belajar/kursus online yang dapat dijadikan referensi untuk menambah ilmu pengetahuanmu, salah satunya adalah Udemy, yang merupakan situs kursus online yang memberikan wadah kesempatan bagi siapapun untuk mendapatkan pengalaman baik itu belajar maupun mengajar, karena di Udemy tidak hanya diperuntukkan bagi yang ingin belajar saja, melainkan bagi yang ingin menjadi pengajar/instruktur pun bisa melalui Udemy dan yang terpenting pengajar akan mendapatkan keuntungan berupa penghasilan tambahan dari Udemy.

Nyaman, Mudah, dan Praktis. Begitulah kalimat yang cocok menggambarkan Udemy. Aku sendiri pun sudah merasakan pengalaman belajar/kursus secara online melalui Udemy, proses belajarnya mudah dan enggak pake ribet, dimanapun dan kapanpun aku bisa belajar selama aku membawa perangkat elektronik (Smartphone/Laptop). Dan jangan khawatir Udemy tidak hanya bisa diakses melalui Personal Computer saja, cukup melalui smartphone Kamu juga sudah bisa mengakses Udemy, dan supaya lebih mudah lebih baik download aplikasi Udemy di Play Store karena di aplikasinya memiliki fitur yang lebih lengkap.

Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Evan Kimbrell: Instruktur Kursus Instagram Marketing 2020 (Dok. pribadi)
Oke pada artikel ini, aku mau sedikit membagikan pengalamanku saat mengikuti kursus di Udemy, Udemy ini telah memiliki lebih dari 100.000 kursus dari berbagai kategori loh, tapi pada kesempatan belajar kali ini aku mengikuti kursus dengan materi tentang “Instagram Marketing 2020: Grow from 0 to 40k in 4 Months”  yang dipandu oleh Instruktur Evan Kimbrell. Materi kursus ini sangat cocok buat aku yang sering menggunakan sosial media Instagram, dan menjadikan Instagram sebagai pundi penghasilan tambahan. 

Belajar Instagram Marketing di Udemy


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Belajar Instagram Marketing (Dok. Pribadi)
Oke sebelum aku membagikan pengalamanku Belajar Instagram Marketing di Udemy, PERLU DIGARIS BAWAHI! bahwa di artikel ini aku tidak akan membagikan ilmu yang aku pelajari secara 100%. Oleh karena itu kalau Kamu mau mendapatkan ilmu lebih komplit, maka silahkan Kamu mendaftar di Udemy dan mengikuti kursus disana.

Baiklah yuk disimak, berikut ilmu yang aku dapatkan saat belajar materi instagram marketing di Udemy:

1. Setting up Your Account


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Setting Up Your Account (Dok. Pribadi)
Pada pembelajaran pertama, hal yang harus dilakukan adalah membuat akun Instagram dan menentukan tipe akun yang akan dibuat. Akun disini terbagi 3: Standard Business Account ,Personal Account, dan Themed Account. Apapun akun instagram yang dibuat, selalu isi data diri dengan benar yang sesuai aslinya, begitupun dengan foto profil. Lalu isi bio di profil dengan semenarik mungkin yang menggambarkan bisnis (Jika akun bisnis) Kamu agar memancing banyak follower. 

2. Planning Your Content Strategy


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Planning Your Content Strategy (Dok. pribadi)
Oke setelah akun berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah memfikirkan perencanaan strategi konten yang akan diisi. Karena instagram ini adalah sosial media raja visual, Jadi konten di Instagram itu ada photo, video, story, boomerang, dan live. Kamu juga harus memperhatikan Engagement seperti like, komen, and view dari tiap konten yang di posting. Biasanya konten berbentuk photo lebih tinggi engagement-nya daripada video karena orang malas menonton video sampai selesai. Oleh karenanya konten video harus dibuat pendek tapi menarik, agar orang tidak bosan dan tetap fokus menonton. dan yang terpenting adalah konsisten dalam membuat konten.

3. Laying The Groundwork


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Laying The  Groundwork (Dok. Pribadi)
Di pembelajaran ke-3 ini adalah tips untuk mengetahui konten dari kompetitor, yang harus dilakukan disini adalah research dan menggali konten apa yang paling banyak disukai oleh follower dari kompetitor. Ini bisa jadi batu loncatan untuk menggaet follower lebih banyak, dengan meniru tema konten yang populer dari kompetitor, kemudian membuatnya dengan konten yang berbeda dan lebih menarik.

   4.  Creating Your First Batch of Content


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Creating Your First Batch of Content (Dok. Pribadi)
Setelah perencanaan dan tema konten telah ditentukan, maka selanjutnya masuk ke tahap membuat kumpulan konten pertama. Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten adalah penggunaan watermark/tanda air, ini membuat konten yang Kamu miliki tidak mudah dicuri maupun diakui orang lain. Jadi dengan menaruh merek brand atau namamu dalam konten, bisa menghindari pencurian konten. Kemudian juga ketika membuat konten, pastikan gambar konten yang diambil adalah beresolusi besar dan tidak pecah maupun blur. Karena ini adalah kesalahan fatal yang membuat followers malas mengunjungi profil instagram milikmu. Dan Kamu bisa menggunakan software bantuan untuk membuat konten seperti menggunakan Canva atau Photoshop untuk memperindah visual.

5. Posting


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Posting (Dok. pribadi)
Saatnya masuk ke sesi peperangan di mana pada point inilah nasib akun instagram milikmu akan menjadi apa. Setelah konten selesai dibuat dengan semenarik mungkin, yang harus dilakukan berikutnya ialah memposting konten dengan menggunakan elemen-elemen yang ada di Instagram untuk mendapatkan jangkauan yang lebih banyak. Beberapa unsur elemen tersebut yaitu tag, add location, dan hastag. Tentu saja tanpa melupakan teks caption yang merupakan bagian penting berisikan penjelasan dari konten.

Diatas itulah beberapa ilmu yang aku peroleh dari hasil belajar kursus di Udemy, dan masih banyak lagi ilmu yang tidak bisa semuanya aku jelaskan di artikel ini karena materi yang diberikan sangat banyak dan lengkap, materi Instagram Marketing ini cocok juga buat Kamu para selebgram/online shop dan pebisnis di Instagram. Jadi sebaiknya jikalau Kamu penasaran sama ilmu yang aku dapatkan, segera daftar saja di Udemy dan bukan hanya materi tentang Instagram Marketing, tapi ada juga materi “Panduan Terlengkap Facebook Ads” dan masih banyak sekali pilihan kategori kursus (Pemasaran, Pengembangan, Bisnis, Akuntansi dan Keuangan, TI dan Perangkat Lunak, Produktivitas Kantor, Musik, Fotografi, dll) yang bisa Kamu eksplor dan pelajari lebih jauh.

Kenapa Memilih Kursus di Udemy?


Jika ditanya mengapa, sebenarnya banyak sekali alasanku untuk mengikuti kursus di Udemy. Salah satunya adalah karena proses belajarnya yang enak, dimana aku bisa mengulang kembali materi pembelajaran, sebab belajarnya adalah dalam bentuk video yang bisa diputar berulang-ulang jika dalam satu kali tayangan masih belum memahami isi materinya. Materi videonya pun berurutan dan terstruktur sehingga aku lebih mudah memahami alur belajarnya. Memang, untuk menyelesaikan kursus di Udemy tidak bisa dalam waktu sehari dikarenakan materinya yang lumayan banyak dengan rata-rata durasi video permateri-nya berdurasi kisaran 1-20 menit, jadi bisa secara bertahap proses belajarnya.

Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis
Materi Pelajaran (Dok. Pribadi)
Aku senang belajar dan kursus di Udemy karena seru dan asik, sebab ada tantangan tersendiri dimana aku harus fokus mencerna isi materi yang disampaikan oleh pengajar/inspektur sekaligus menambah pengetahuan kosakata bahasa inggris dan melatih pendengaran juga. Pokoknya asik deh. Dan untuk memudahkan pelajar, setiap video materi kursus di Udemy, sudah langsung ada subtitle/translate nya loh, jadi walaupun Kamu ikut kursus asing yang menggunakan bahasa inggris/lainnya, tak perlu khawatir lagi, Kamu tetap bisa memahaminya dengan mudah dikarenakan ada terjemahan bahasa Indonesianya, ini adalah salah satu yang membuat aku betah kursus di Udemy. Selain disediakan translate, Udemy memberikan fitur File tambahan (PDF, Resources, etc), Fitur Bookmark, Fitur Q&A, serta Soal latihan tugas yang berguna untuk melatih kemampuan terhadap materi yang sudah dipelajari. Dan yang terakhir ada sertifikat online yang akan diberikan kepada pelajar setelah berhasil menyelesaikan kursus.
Di Udemy juga ada fitur lokal Udemy Indonesia yang beralamat di (udemy.com/id), fitur lokal tersebut seperti: Situs Lokal, Mata Uang Lokal, dan Kursus lokal berbahasa Indonesia.

Satu lagi yang terpenting yaitu untuk mendaftar kursus di Udemy caranya pun cukup mudah banget. Tinggal kunjungi aja situs Udemy di udemy.com , kemudian pilih kategori kursus yang diinginkan. Saat memilih kursus Kamu bisa melihat terlebih dahulu kurikulum yang berisi jumlah pelajaran dan total waktu, sehingga Kamu bisa menyesuaikan dengan waktu luangmu. Dan Kamu juga bisa melihat rating dan ulasan dari kursus terkait, Setelah dirasa cocok, barulah lakukan check out, Kemudian langkah terakhir adalah melakukan pembayaran. Metode pembayarannya pun begitu mudah yakni bisa melalui indomaret atau alfamart loh.

Apa Aja sih Manfaat Kursus di Udemy?


Pengalaman Kursus Online di Udemy: Nyaman, Mudah, dan Praktis


Kalo ngomongin manfaatnya sih sudah pasti bisa menambah ilmu dengan kategori dan topik yang tepat dan sesuai pilihan, sebab di Udemy tersedia banyak topik materi kursus yang diajarkan langsung oleh guru-guru terbaik yang berasal dari belahan dunia. Dari setiap guru yang ada di Udemy, boleh jadi mereka mengajar topik materi yang sama, sehingga pelajar bisa mengambil sudut pandang yang berbeda dari masing-masing instruktur terhadap materi yang sudah dipelajari. Materi video yang ada pun bisa di download jika Kamu masih belum sempat menontonnya, dan ketika Kamu sudah mau menontonnya lagi maka tidak perlu menggunakan kuota sebab di aplikasi Udemy menyediakan fitur belajar offline melalui hasil video materi yang sudah di download. Akses nya pun tanpa ada masa kedaluwarsa alias seumur hidup, wah asik banget kan.

Nah begitulah pengalamanku belajar/kursus di Udemy, overall aku sangat suka karena proses belajar di Udemy menyenangkan dan lebih mudah hanya melalui perangkat smartphone saja aku sudah bisa belajar dimanapun dan kapanpun aku mau.

Jadi buat Kamu yang mungkin sibuk dan tak memiliki banyak waktu luang untuk belajar dan menambah ilmu dengan bertemu guru secara langsung, maka belajar/kursus online adalah solusinya, Udemy bisa dijadikan pilihan tepat belajar online karena Udemy merupakan komplementer pendidikan formal yang cocok buat Kamu yang ingin belajar secara online, mudah, praktis, dan nyaman. Yuk ikutan daftar dan belajar juga lalu rasakan keuntungan mengeksplor kursus lebih banyak di Udemy, aku tunggu pengalamanmu yaa.

Oke, Sekian dulu ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

8 comments

  1. Aku pernah belajar yang desain grafis mas. Materinya mudah diikutin

    ReplyDelete
  2. Wahh jadi kepengen belajar di Udemy juga nih, cuma sayang bahasa inggris gue kurang :(

    ReplyDelete
  3. Hei Akmal Sabyan, hmmmmmm hmmmmm hmmmmm..
    Enak ya belajar di Udemy, bisa akses seumur hidup pula. Udah gitu banyak wawasan baru seputar Instagram Marketing. Mantul deh pokoknya belajar di mari
    hmmmmmmmmhmmmmmm hmmm

    ReplyDelete
  4. Ciyaa, belajarnya how to increase Instagram follower to 40k, gils selebgram materinya digital marketing sosmed ig. Keren.

    Enak sekarang mah bisa belajar dimana aja semenjak ada teknologi distant learning ya

    ReplyDelete
  5. Saya butuh materi seperti ini nih, ga mudah dapetin engagement yg bagus kalau kita ga paham ttg ilmu instagram

    ReplyDelete

Post a Comment

Peraturan Berkomentar:

1. Mohon berkomentar dengan baik,sopan,santun dan secara wajar
2. Dilarang berkomentar tentang unsur /sara/promosi/ apapun yang bertentangan dengan hukum yang berlaku
3. Dilarang menyertakan link aktif

Tidak berkomentar sama sekali itu masih lebih baik, daripada mengucapkan seribu kalimat sampah.

Ucapanmu, Kualitas Dirimu!

Terima Kasih