Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Festival Gerakan Warung Nasional (Dok. Pribadi)
Konten GaptekHai semuanya, aku mau nanya nih siapa yang suka dengan berbisnis? Pasti kalau ditanya siapa yang suka, tentu saja saja hampir semua orang menyukai berbisnis tak terkecuali dengan diriku. Banyak sekali peluang bisnis yang bisa dilakukan, misalnya menjadi seorang pengusaha. Menjadi pengusaha memang terbilang susah-susah gampang yaa. Apalagi buat para pemula yang baru mau merintis usaha, pasti selalu ada saja tantangan yang menerpa mulai dari modal dan pesaing. Tenang saja kok, asal tau akan strategi pasar dan mampu bersaing dengan para pengusaha lainnya, pasti usaha milikmu tetap akan berkembang hingga menjadi besar.

Bagi kamu yang masih mencoba jadi seorang pengusaha, alangkah baiknya memulai dari hal yang kecil dulu. Seorang pengusaha tidak melulu harus mempunyai modal yang besar loh, bahkan pengusaha yang sudah sukses seperti yang kita liat sekarang juga pernah memulainya dari nol, tidak serta merta langsung besar. Nah sekarang udah banyak kok untuk mulai merintis usaha dari modal yang kecil contohnya saja dengan membuka usaha warung. Tentu sudah tidak asing lagi di telinga kamu bukan jika mendengar kata warung.

Yang ada di pikiran mu pasti tempat untuk membeli sesuatu produk baik itu barang, makanan, dll. Benar sekali, sampai saat ini warung masih memiliki peluang yang cukup besar loh untuk memulai usaha. Apalagi kalau letak warungnya strategis di kawasan padat penduduk, pasti bakalan laris manis dong. Warung juga enggak kalah menguntungkan dengan perusahaan besar seperti minimarket / supermarket. Apalagi sekarang udah eranya digitalisasi, yang apapun bisa dilakukan melalui media teknologi. Tentunya banyak celah yang bisa diambil guna meraup keuntungan dan penghasilan dari membuka usaha warung rintisan.

Coba tanyakan deh kepada diri kita. Kapan terakhir kali belanja di warung? Berapa kali sehari kita belanja di warung? Pasti hampir tiap hari kan kita ke warung, nah ini lah peluang yang begitu besar. Kalau tidak percaya, coba saja tanya sama pemilik usaha/juragan warung, berapa penghasilan perhari yang bisa didapatkan, paling kamu tercengang selepas mengetahui jawabannya hehe. Berbicara terkait masalah warung, aku jadi teringat acara Festival Gerakan Warung Nasional. Emangnya acara apaan sih itu? 

Festival Gerakan Warung Nasional


Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Festival Gerakan Warung Nasional (Dok. Pribadi)
15/12/2019, Minggu kemarin aku berkesempatan datang ke Festival Gerakan Warung Nasional (FGWN) yang dilaksanakan di Lapangan Banteng, Jakarta. Acara tersebut digelar selama 2 hari berturut-turut dari tanggal 14-15 Desember 2019 dan kebetulan aku saat itu datang dari siang hari. Oke jadi Festival Gerakan Warung Nasional adalah festival warung pertama terbesar di Indonesia yang di dalamnya dihadiri oleh 15.000 pemilik warung, 50.000 pengunjung, dan >80 principals & UMKM. Dan memang terbukti ketika aku datang kesana memang sungguh ramai sekali, baik itu juragan/pemilik warung maupun pengunjung yang datang untuk melihat dan jajan disana.

FGWN ini juga bertujuan untuk menginspirasi masyarakat dalam berkolaborasi menumbuhkan warung Indonesia. Diharapkan dengan adanya festival warung nasional ini bisa memberikan semangat kepada masyarakat agar jangan takut memulai usaha warung, demi perekonomian Indonesia yang lebih baik lagi kedepannya. Festival ini pun turut diramaikan oleh para pihak yang turut andil diantaranya Kementerian Perdagangan dan Kementerian Koperasi & UKM, OVO & Sahara (Sahabat Usaha Rakyat).

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Ada Apa aja di FGWN (Dok. Pribadi)
Dalam acara festival tersebut banyak sekali aneka keseruan yang bisa disaksikan, seperti ada panggung hiburan, area belajar usaha buka warung (buat yang mau tau tips buka usaha warung), museum warung, turnamen warung, warung digital, dan area UMKM serta area interaksi antara brands dengan pemilik warung. Gerakan Warung Nasional sendiri adalah hasil kerjasama dari Warung Pintar dan Mitra Tokopedia, sebagai gerakan yang mengajak semua peranan di eksosistem warung agar dapat mensejahterakan dan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat Indonesia.

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Festival Gerakan Warung Nasional (Dok. Pribadi)
Aku sangat beruntung kemarin bisa datang ke FGWN, Buat yang suka banget sama jajan-jajanan murah cocok banget deh dateng ke Festival Gerakan Warung Nasional. Soalnya disana tuh tersedia beragam jajanan yang enak dan tentunya harganya ramah di saku. Kemarin aja temenku ada yang khilaf jajan hehe. Bukan Cuma aneka makanan dan jajanan aja, tapi juga ada pakaian yang bisa dibeli disana pada booth/tenant yang menjual pakaian. Pengunjung yang datang pun bisa ikut keseruan dengan berburu stamp di area FGWN, Ramai banget kan. Pastinya dong, secara festival ini jadi festival warung pertama dan terbesar di Indonesia.

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Musem Warung Indonesia (Dok. Pribadi)

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Booth Pakaian dan Makanan di FGWN (Dok. Pribadi)
Bahkan pada hari pertama FGWN, sempat ingin didatangi oleh Bapak presiden Joko Widodo. Namun karena Bapak Presiden ada halangan untuk hadir, jadi digantikan oleh Menteri Koperasi Gerakan Warung Nasional tahun kedua, yang sekaligus meresmikan dibukanya acara FGWN ini pada sabtu kemarin. Festival #GerakanWarungNasional ini pun turut dihadiri oleh artis papan atas seperti Wali Band dan Lesti Kejora yang pada saat itu menampilkan aksinya di panggung nasional. Serta juga ada joget bareng tanjidoran dan pawai ondel-ondel yang sangat kental akan budaya betawi di Festival #GerakanWarung Nasional tersebut.

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional

Ada Musholla di FGWN (Dok. Pribadi)
Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Arena Bermain di FGWN (Dok. Pribadi)
Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Aneka Jajanan di FGWN (Dok. Pribadi)
Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Syarat jadi Juragan Pintar (Dok. Pribadi)
Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Arena Bersantai di FGWN (Dok. Pribadi)
Sementara itu di Panggung Gerakan, ada turnamen Game Warung Bareng IVPL & warung belajar bersama Warung Pintar dan Mitra Tokopedia. Dan di Panggung Warung ada pembahasan obrolan warung bersama OVO, BI, OJK, Sahara, dan The Jawirs. Serta ada lomba mewarnai anak, penampilan sulap, dan joget bareng. Belum lagi banyak booth yang tersedia disana, salah satunya ada booth Warung Pintar yang mana bisa membantu pengunjung yang berkeinginan untuk membuka warung / mendaftar pada warung pintar.

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Mitra Tokopedia (Dok. Pribadi)

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Ada Pasar Kaget di FGWN (Dok. Pribadi)
Keseruan demi keseruan tersebut tiada henti hingga menjelang puncak akhir acara di malam hari. Yang ditutup dengan Air Mancur Show. Sungguh festival gerakan warung nasional yang begitu mengesankan bagiku. Sudah acaranya meriah, gratis dan terbuka untuk umum lagi hehe.

Kecanggihan Warung Berkat kehadiran Warung Pintar


Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Warung Pintar (Dok. Pribadi)
Di zaman teknologi saat ini, apapun dapat dipermudah berkat kemajuan dan kecanggihan teknologi. Termasuk dalam hal usaha warung, karena sekarang sudah ada Warung Pintar. Memangnya apa sih warung pintar itu? Oke jadi warung pintar adalah platform yang akan mentransformasi bisnis dan usaha warung dengan memanfaatkan teknologi, sehingga nanti dalam prosesnya akan lebih efisien.

Warung pintar terus menciptakan ekosistem yang lebih efisien sehingga warung dan pemiliknya dapat bertumbuh tanpa batas. Serta memberikan akses seluas-luasnya untuk setiap lapisan masyarakat dalam memulai bisnis. Data: Nielsen 2018.

Warung digital berinisiatif memanfaatkan teknologi, sebab jika dilihat sejak beberapa tahun lalu, warung masih saja beroperasi dengan cara yang sama tanpa adanya akses secara digitalisasi. Dengan pemanfaatan teknologi, tentu saja akan mempermudah bagi para juragan/pengusaha warung dalam melakukan aktivitasnya misal dalam melakukan pencatatan transaksi yang lebih akurat dengan media digital, rantai distribusi barang yang terintegrasi dengan teknologi, dan menggunakan aplikasi untuk pesan, lacak, hingga memantau performa dan kualitas usaha warung juragan miliki.

Warung Pintar sudah ada dan didirikan sejak November 2017, tokoh-tokoh yang turut andil di dalamnya yaitu Willson Cuaca (Chairman & Co-Founder), Agung Bezharie Hadinegoro (CEO & Co-Founder), Harya Putra (COO & Co-Founder), Sofian Hadiwijaya (CTO & Co-Founder), dan Christian Winata (Trible Leader & Co-Founder). Sejak didirikan hingga saat ini, Warung Pintar terus membawa semangat perubahan menjadikan warung pintar sebagai golden standard untuk bisnis mikro di Indonesia.

Sudah ada >4.500 warung yang dimiliki oleh Warung Pintar yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya, Surabaya, hingga Banyuwangi. Banyak sudah pengaruh dampak positif yang ditorehkan dari Warung Pintar dari segi perluasan ekonomi, pemberdayaan ekonomi perempuan, hingga mendorong literasi finansial dan teknologi.

Tertarik menjadikan usaha warung milikmu menerapkan teknologi, langsung saja daftar jadi Juragan Pintar di Warung Pintar. Apapun usaha warung milikmu (kelontong, warkop, gerobak, pangkalan ojol) semuanya bisa loh didaftarkan di Warung Pintar. Rasakan berbagai kemudahan dalam pesan barang, memantau usaha, dan juga kesempatan merenovasi warung. Jadi tunggu apalagi, daftarkan sekarang juga gaess.

Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Daftar Jadi Juragan Pintar  (Dok. Pribadi)
Berkunjung Ke Festival Gerakan Warung Nasional
Warung Penggerak Ekonomi Bangsa (Dok. Pribadi)
Yuk jadi bagian 3,5 juta warung dari sabang sampai merauke yang ada di Indonesia, tunjukkan kalo kita bisa menjadi pengusaha warung hingga sukses demi memajukan ekonomi di Indonesia. Semua bisa #TumbuhBarengWarung

Sekian ulasan kali ini, SEOmoga dapat bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Akmal Farabi
syailendra akmal farabi hanya seoarang blogger muslim beraqidah ahlusunnah wal jamaah dan bermazhab syafi'i yang ingin memberikan manfaat kepada orang lain melalui media blog sebagai sarana dakwah islamiyah. sebaik-baiknya manusia ialah yang bermanfaat untuk orang lain.

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment